Jakarta, (ANTARA News) - Berbagai macam cara promosi dilakukan oleh pelaku industri pendidikan dalam "Pameran Pendidikan dan Pelatihan ke-19". Mulai dari mengadakan talkshow, presentasi sampai ada juga yang membuat fashion show.

Pameran itu digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Pameran berlangsung dari 11-14 Februari 2010. Esmod sekolah fashion yang berpusat di Perancis membuat acara fashion show. Busana yang diperagakan merupakan hasil rancangan siswa dan alumni Esmod.

Tema rancangan mulai dari little black dress sampai baju ala dewi Yunani. Fashion show itu mampu menyedot perhatian pengunjung pameran yang sebagian besar pelajar berseragam putih abu-abu.

Promosi lain yang dilakukan adalah dengan membuat kuis dengan iming-iming hadiah. Stan Yayasan LIA (Meliput Sekolah Tinggi Bahasa Asing/STBA LIA, Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional/LBPP LIA, Pusat Penerbitan LIA dan Dana Pensiun LIA) tidak pernah sepi pengunjung.

"Animo pengunjung (stand LIA) sangat tinggi karena mereka butuh informasi dan karena banyak kuis," kata marketing manajer LIA Pasaribu Tarigan. Hadiah utama dari kuis yang diadakan LIA adalah satu notebook.

Selain mendapat informasi mengenai institusi pendidikan, beberapa institusi juga membuka pendaftaran langsung.

Stan Universitas Indonesia (UI) membuka pendaftaran langsung di stannya. "Bisa daftar langsung disini," kata salah seorang penjaga stan UI sambil menunjukkan komputer yang digunakan untuk pendaftaran.

Pengunjung pameran bisa memperoleh informasi dari berbagai institusi pendidikan dan pelatihan dalam sehari. Kebanyakan pengunjung berkunjung dari satu stan ke stan lain sambil menenteng tas-tas berisi brosur dan cenderamata institusi. (ENY)

Pewarta: bwahy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010