Biak (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyalurkan bantuan 130 ekor sapi ternak bagi peternak lokal sebagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tersebar di enam distrik/kecamatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian (Kadisnaktan) Biak Absalom Rumkorem S.Pt,MM di Biak, Sabtu, menyebutkan, program bantuan 130 ternak sapi yang disebar ke enam distrik bersumber dari dana Otonomi Khusus Papua tahun anggaran 2009 sebesar Rp900 juta.

"Bantuan ternak sapi yang diprogramkan Disnaktan Biak merupakan program rutin bertujuan meningkatkan taraf hidup peternak lokal,"kata Kadisnaktan Absalom Rumkorem.

Ia mengharapkan, peternak lokal sapi yang mendapat program bantuan pemerintah berada di Distrik Yendidori, Biak Barat, Warsa, Biak Utara, distrik Biak Timur serta balai pembibitan ternak untuk dipelihara dengan baik sehingga berkembang biak.

Kadisnaktan Rumkorem mengakui, ternak sapi yang diberikan pemerintah kabupaten Biak Numfor ini jangan sampai diperjualbelikan sebelum waktu kontraknya berakhir.

"Saya harapkan bantuan ternak yang disalurkan ini dapat bertambah jumlahnya serta memberikan pendapatan bagi keluarga peternak bersangkutan," harap Kadisnaktan Rumkorem.

Ia menyebutkan, selain bantuan ternak sapi pihak Pemkab Biak melalui Disnaktan juga telah menyalurkan program bantuan ternak babi senilai Rp405 juta kepada kelompok masyarakat di dua lokasi.

Dia berharap, pada tahun mendatang program ini terus dilakukan secara bergilir sehingga peternak lokal yang ada di 19 distrik dapat menikmati bantuan ternak guna meningkatkan pendapatan warga masyarakat di daerah ini.

"Meski dana pemerintah terbatas tetapi program bantuan ternak akan terus diupayakan mengingat sangat menyentuh kebutuhan peternak yang tersebar di berbagai kampung dan distrik," kata Kadisnaktan Absalom Rumkorem menanggapi program bantuan ternak di Biak. (M039/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010