Banda Aceh (ANTARA News) - Universitas Syiah Kuala (unsyiah) di Banda Aceh akan membangun university farm (laboratorium lapangan) sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan sumberdaya manusia (SDM) dan alam masing-masing daerah.

"Kerja sama dengan pemerintah daerah dilakukan untuk meningkatkan interaksi Unsyiah dengan masyarakat dalam mengembangkan SDM," kata Rektor Unsyiah, Darni M Daud di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan Darni Daud pada pelepasan 1.011 wisudawan di gedung Academy Activity Center (AAC) Dayan Dawood Unsyiah Darussalam Banda Aceh.

Kerja sama membangun university farm tersebut telah disepakati antara Unsyiah dengan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dan Bener Meriah yang nantinya akan dikembangkan menjadi kampus Unsyiah di daerah itu.

Di stasiun university farm ini akan dilakukan riset yang kelak dapat diaplikasikan bagi kepentingan masyarakat, tambahnya.

Melalui program ini diharapkan akademisi, termasuk mahasiswa dapat menerapkan teori yang diperoleh di bangku universitas untuk kepentingan masyarakat.

"Peran Unsyiah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus menjadi fokus dalam pengembangan universitas ini ke depan," tegasnya.

Pembangunan university farm tersebut sesuai dengan falsafah pendidikan yang memiliki fungsi sebagai upaya untuk menjamin eksistensi bangsa dan cara melestarikan nilai sosiokultural dari generasi ke generasi berikutnya.

Untuk mewujudkan fungsi tersebut, Unsyiah mengintensifkan kerja sama dengan pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Aceh, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota.

Kerja sama ini selain untuk meningkatkan interaksi Unsyiah dengan masyarakat, juga dimaksudkan sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan sumber daya manusia dan alam masing-masing daerah.
(D016/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010