Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri mengganti Kapolda Suamtera Utara, Banten dan Nusa Tenggara Timur, sekaligus memutasi puluhan jenderal dan perwira menengah, demikian Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Edward Aritonang di Jakarta, Minggu.

"Ada yang diganti karena pensiun namun ada juga karena untuk penyegaran saja," katanya sembari menunjuk Skep Kapolri No 119/II/2010 tertanggal 14 Pebruari 2009 untuk penggantian tiga kapolda.

Ia menerangkan, Kapolda Sumut Irjen Pol Badrootin Haiti digantikan oleh Irjen Pol Oegroseno yang sebelumnya Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Badrootin selanjutnya menjadi Kepala Divisi Pembinaan Hukum Polri yang saat ini dijabat Irjen Pol Budi Gunawan. Budi sendiri menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan.

Kapolda Banten Brigjen Pol Rumiah Kertoredjo digantikan oleh Kombes Pol Agus Kusnaedi yang sebelumnya menjabat Wakapolda Maluku Utara. Rumiah, wanita pertama yang menjadi Kapolda dalam sejarah Polri akan memasuki masa pensiun.

Terakhir, Kapolda NTT Brigjen Pol Bambang Suedi digantikan oleh Kombes Yorry Worray. Bambang selanjutnya memasuki masa pensiun sedangkan Yorry sebelumnya adalah staf Inspektorat Pengawasan Umum Polri.

"Selain mutasi para Kapolda, Kapolri juga memutasi puluhan jenderal dan perwira menangah dengan jumlah total sebanyak 91 orang. Sebagian besar yang dimutasi karena akan pensiun," ungkap Edward. (*)
S027/AR09

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010