Jakarta (ANTARA News) - Sir Alex Ferguson mengharapkan Rio Ferdinand mampu pertahankan kebugarannya karena masa depan Nemanja Vidic di Manchester United (MU) belum jelas, demikian soccernet ESPN, Selasa.

Ferguson menaruh perhatian kepada kesiapan Ferdinand yang digadangkannya untuk pertandingan MU melawan AC milan, Selasa dini hari ini, setelah menjalani tiga pertandingan pasca sanksi larangan bertanding empat hari menyusul pemukulan pemain Hull City Craig Fagan sekembalinya dari cedera yang dideritanya bulan lalu.

Ferguson juga harus membuat keputusan final mengenai apakah Ferdinand akan ditampilkan dalam pertandingan di stadion San Siro nanti.

Bos MU ini tahu pasti bahwa adalah penting memastikan jika pemain tengahnya ini 100 persen fit untuk pertandingan itu.

Ferguson juga menekankan pentingnya menjaga Ferdinand tetap bugar demi laga-laga berikutnya, menyusul sejumlah isu yang menerpa pilar-pilar pertahanannya belakangan ini.

"Saya tentu berharap dia akan baik baik saja hingga akhir musim. Kami telah menyelesaikan banyak tugas, begitu juga dia. Bahkan orang awam olahraga pun tahu bagaimana sulitnya kembali dari cedera, tetapi dia tak memiliki masalah apapun sejak mulai kembali 10 minggu lalu," kata Sir Alex.

"Dia telah menyelesaikan tugas utamanya, yang membantunya dan kemungkinan besar dia bakal kembali berlaga. Kami harus membuat keputusan apakah dia mampu diturunkan (melawan Milan). Tak ada yang salah dari mentalitasnya tetapi dia memang lagi cedera."

Nemanja Vidic tak akan diterbangkan ke Italia demi pertandingan itu dan rumor yang berkembang bahwa dia akan dijual ke Real Madrid musim panas nanti.

Ferguson telah disarankan untuk mengikutkan pula Vidic dalam skuad asuhannya untuk pertandingan itu.

"Itu keputusan yang sulit. Dia berpikir merasa masih membutuhkan banyak latihan. Dia telah berlatih beberapa hari terakhir ini, namun dia belum merasa cukup siap mengambil bagian di laga itu. Itu hal yang kami rasa kami harus bersabar menjalaninya, hingga nanti ketika waktunya tiba," kata Ferguson.

Ditanya apakah Vidic akan hengkang dari Old Trafford musim panas ini, dia berkata, "Saya tak bisa menjawab pertanyaan itu karena itu benar-benar spekulasi. Saya kira, kami sering mendapatkannya setiap waktu dan kami harus memahaminya. Banyak klub klub yang ingin membeli pemain-pemain kami dan kami harus menghadapi situasi itu."

"Tentu saja kami menginginkan dia tetap di sini. Dia seorang pemain istimewa, salah seorang bek tengah terbaik di dunia," kata Sir Alex.

Sementara kepada Wayne Rooney, Ferguson mengharapkannya tampil tangguh menghadapi AC Milan setelah kekalahan MU pada 2005 dan 2007 dari klub Italia itu.

"Ini akan menjadi pertandingan yang berat karena mereka memiliki banyak pengalaman. Saya telah menghadapi mereka dua kali di Liga Champions dan setiap kali itu pula mereka menaklukan kami, jadi kami paham ini akan sulit, tetapi semoga kali ini kita mampu keluar menjadi pemenang," kata manajer MU ini.

Ferguson melanjutkan, "Mereka memiliki beberapa pemain bagus seperti Clarence Seedorf, Andrea Pirlo, David Beckham sebagai pengatur serangan, dan Alexander Pato adalah seorang pemain berkualitas juga. Semua pemain itu mampu menghasilkan sesuatu yang istimewa, jadi kami harus berhati hati."

Ferguson mengatakan, pertandingan melawan tim Italia selalu berat. Dia tidak bisa meremehkan AC Milan yang di awal musim sedikit keteteran, tetapi sebagaimana biasa tim itu selalu berhasil menemukan kembali formasi terbagusnya.

"Secara personal, saya tahu bagaimana beratnya pertandingan nanti, terutama jika Alessandro Nesta bermain untuk mereka. Pada pertarungan lain, dia brilian memposisikan dirinya, dan itu cukup berat. karena dia mampu membaca permaianan begitu baik, sangat sulit bermain melawannya," kata Ferguson.

Ferguson berjanji akan mengambil kesempatan sekecil mungkin untuk bisa menang melawan AC Milan.

"Di Liga Premier anda tahu bahwa anda selalu suka menciptakan kesempatan di setiap pertandingan, tetapi di Liga Champions, terutama partai final, Anda harus memanfaatkan peluang karena Anda tak akan mendapatkan kesempatan sama dalam pertandingan tersebut," demikian Ferguson. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010