Semarang (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Republik Indonesia bekerja sama dengan TNI menggelar Operasi Cipta Kondisi untuk mengamankan kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barrack Husein Obama, ke Indonesia pada pertengahan Maret 2010.

"Operasi tersebut memakai nama sandi `Aman Nusa 7` yang telah dimulai sejak 13 Februari 2010 hingga H+7 kunjungan Obama," kata Kepala Polri, Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, saat menghadiri suatu acara di Akademi Kepolisian Semarang, di Semarang, Selasa.

Selain bekerjasama dengan TNI, katanya, polri juga bekerja sama dengan "Secret Service" yang merupakan pihak keamanan Presiden Amerika Serikat itu.

Pengaturan pengamanan Obama saat di Indonesia, katanya, pihak polri berada di lingkaran kedua sedangkan lingkaran pertama wewenang pihak TNI karena pengamanan tamu negara itu berkategori sangat penting.

"Yang jelas jajaran polri khususnya Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Polda Jawa Tengah, dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengamankan kunjungan Presiden Amerika Serikat ke Kota Jakarta dan Magelang," katanya.

Selain itu, katanya, jajaran polda lainnya seperti Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, Polda Sulawesi Selatan, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Papua juga melaksanakan operasi pengimbang.

Ia berharap, kunjungan Obama ke Indonesia selama beberapa hari itu dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan keamanan.

(U.PK-WSN/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010