London (ANTARA News/AFP) - Bursa saham Eropa membukukan keuntungan mantap pada Selasa, didorong lebih tinggi setelah Uni Eropa memperketat cengkeramannya pada keuangan Yunani yang bermasalah dan Wall Street dibuka di wilayah positif.

Saham perbankan yang diperdagangkan lebih tinggi sebagai respons terhadap penghasilan dari bank Inggris Barclays yang luar biasa besarnya.

Investor mengambil hati pada perkembangan di Brussels, di mana para menteri keuangan Uni Eropa setuju bahwa Yunani harus melakukan "langkah-langkah tambahan" untuk mengekang pengeluaran jika langkah yang dijabarkan oleh Athena sejauh ini tidak memberikan hasil hingga 16 Maret.

Rencana Pemerintah Yunani saat ini untuk memecahkan beban utang keuangan publik negara itu termasuk pembekuan gaji sektor publik, kenaikan usia pensiun dan mengakhiri bonus untuk beberapa pegawai negara.

Yunani berkomitmen untuk mengurangi defisit berjalan mencapai 12,7 persen dari produk domestik bruto dalam negeri empat persentase selama 2010. Zona euro memiliki batas tiga persen.

Tapi negara mitra euro kini telah mengambil alih kontrol secara efektif dari anggaran pemerintah.

Kepalaurusan ekonomi dan moneter Uni Eropa,Olli Rehn, Finlandia, mengatakan pejabat Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional akan di Yunani "dalam beberapa hari mendatang" untuk memeriksa kemajuan janji-janji yang ada.

Sentimen pasar juga didorong oleh berita tentang lonjakan laba bersih pada Barclays.

Bank mengatakan awal Selasa bahwa keuntungan bersihnya lebih dari dua kali lipat menjadi hampir 9,4 miliar pound pada 2009, sebagian besar berkat penjualan dari unit Barclays Global Investor (BGI).

Ini juga memperoleh manfaat dari kinerja perdagangan yang kuat oleh unit investasinya Barclays Capital, yang telah membeli beberapa dari bank AS gagal Lehman Brothers.

"Dengan atau tanpa penjualan BGI, angka-angka ini sangat mengesankan," kata Richard Hunter, kepala ekuitas Inggris pada Hargreaves Lansdown Stockbrokers.

Di London indeks FTSE 100 menambahkan 1,48 persen menjadi ditutup pada 5.244,06 poin sementara di Paris indeks CAC 40 naik 1,66 persen menjadi 3.669,04. Di Frankfurt, indeks Dax 30 melompat 1,47 persen menjadi berakhir pada 5.592,12 poin.

Tempat lain di Eropa ada keuntungan 0,88 persen pada Swiss Market Index, 0,97 persen di Madrid dan 0,94 persen di Amsterdam.

"Kesedihan atas Yunani, yang sedikit berlebihan, telah mereda," kata Arnaud de Champvallier dari Turgot Asset Management.

Bank-bank menguat seluruhnya.

Di Paris BNP Paribas terangkat 2,79 persen dan Societe Generale 4,54 persen.

Sebaliknya grup kosmetik L`Oreal jatuh 4,65 persen, penurunan terbesar hari ini, setelah menerbitan hasil yang gagal untuk memenuhi ekspektasi pasar.

Deutsche Bank di Frankfurt bertambah 3,70 persen, juga didukung oleh kinerja Barclays. Konglomerat industri MAN naik 3,99 persen pada prospek stabil hasil keuangan tahun ini.

Saham AS dibuka lebih tinggi setelah libur panjang akhir pekan, dengan sentimen cerah setelah laporan manufaktur regional yang positif dan ekuitas naik di Asia dan Eropa.

Dow Jones Industrial Average naik 0,90 persen) menjadi 10.190,06 sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 1,01 persen pada 2.205,54 pertengahan hari.

Aktivitas manufaktur di kawasan New York mengalami ekspansi pada kecepatan yang lebih cepat pada Februari, New York Federal Reserve Bank mengatakan Selasa.

Acuan Tokyo Stock Exchange, indeks Nikkei-225 ditutup naik 0,21 persen pada Selasa, sementara di perdagangan Asia tenang dengan banyak pasar tutup untuk Tahun Baru Imlek.  (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010