Jenewa, 17/2 (ANTARA/Reuters) - Bandar udara di Asia, dengan Incheon Seoul teratas dari daftar untuk kelima tahun berturut-turut, telah dipilih oleh wisatawan lima teratas dunia untuk layanan penumpang, Dewan Bandara Internasional (ACI) mengatakan pada Selasa.

Changi Singapura adalah yang kedua pada 2009 dan Hong Kong ketiga, juga untuk kedua tahun berturut-turut, dalam survei tahunan kualitas layanan bandara (Airport Service Quality), kata ACI (Airports Council International) yang berbasis di Jenewa.

Tetapi dua pendatang baru - Beijing dan Rajiv Gandhi International Hyderabad India - pindah ke tempat keempat dan kelima, menggeser keluar Nagoya-Central Japan International dan Halifax , Nova Scotia Kanada yang memegang tempat-tempat itu pada 2008.

"Semua (bandara ini) telah belajar untuk fokus pada faktor kinerja kunci menghargai penumpang mereka," kata Direktur Jenderal ACI Angela Gittins dalam sebuah pernyataan.

Survei ACI yang didasarkan pada kuesioner bulanan diisi oleh penumpang yang melalui lebih dari 100 bandar udara terkemuka dunia di sekitar 45 negara. Sebanyak 118 bandara terlibat dalam survei 2009. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010