Milan (ANTARA News) - Alex Ferguson berterima kasih kepada bintang tim Wayne Rooney setelah Manchester United yang sempat kecolongan, akhirnya menang 3-2 atas tuan rumah AC Milan pada laga (leg) pertama kompetisi 16 besar Liga Champions, Selasa malam (Rabu dinihari WIB).

United beruntung bisa menjadikan kedudukan imbang 1-1 yang kemudian ditambah striker Inggris itu menjadi dua angka pada babak kedua, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

"Ini pertandingan menarik, mereka tidak dapat menahannya pada babak kedua. Saya kira ia bermain amat menakjubkan," kata pelatih United Ferguson kepada wartawan dalam temu pers, sebelum ia ditanya mengenai perbandingan Rooney dengan pemain lain sekaliber Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

"Kemampuan dasarnya sudah sebagus pemain yang Anda sebutkan. Apa yang kami inginkan dilakukannya, meningkatkan kemampuan mencetak gol dan sekarang ia sudah melakukannya. Ia harus dianggap sekelas dengan pemain dunia lainnya," katanya.

Tim tujuh kali juara Milan memimpin pada awal permainan melalui Ronaldinho dan nyaris menggandakan angka mereka tetapi akhirnya Paul Scholes yang berhasil menyamakan kedudukan sembilan menit menjelang pertandingan babak pertama usai.

Setelah Rooney mencetak angka pada menit ke-66 dan ke-74, Clarence Seedorf menambah angka pula untuk tuan rumah lima menit menjelang laga usai dan pemain United Michael Carrick dikeluarkan dari lapangan karena mendapat dua kartu hukuman.

Ini menyebabkan ia tidak dapat tampil pada pertandingan kedua pada 10 Maret.

"Saya kira kami bisa kehilangan beberapa gol malam ini. Pada 20 menit awal permainan amat buruk bagi kami. Kami kehilangan daya tekan. Tetapi setelah menemukan bentuk permainan, kami tampil dengan bagus," kata Ferguson.

"Seharusnya kami bisa kecolongan dua atau tiga angka. Tetapi jangan anggap ini sebagai faktor keberuntungan semata," katanya.

Bos "rookie" Milan Leonardo tidak setuju dengan apa yang diungkapkan Ferguson dan merasa United hanya menang karena sedang dalam keberuntungan.

"Saya kira kami pantas mendapatkan gol yang kami ciptakan. Manchester United berusaha keras melakukan 100 persen dari peluang mereka," kata pelatih dari Brazil itu, dengan menyebutkan beberapa peluang mereka yang tidak dapat diselesaikan dengan baik.

"Ini menyulut pertanyaan hanya keberuntungan beberapa sentimeter dari mulut gawang. Saya tidak dapat mengritik tim saya. Kami tidak dapat tampil 90 menit dalam irama yang sama. Gol Scholes itu amat beruntung," katanya.

"Saya rasa untuk menang 2-0 di Old Trafford bukan merupakan hal yang tidak mungkin," katanya menambahkan.

Hasil pertandingan di San Siro :

AC Milan 2

Manchester United 3

Pencetak gol:

- AC Milan: Ronaldinho 3, Clarence Seedorf 85

- Manchester United: Paul Scholes 36, Wayne Rooney 66, 74

Kartu merah: Mihael Carrick (Manchester United) 90+3.(A008/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010