Whistler, British Columbia (ANTARA News) - Tiger Woods, pegolf maha bintang yang absen dari pertandingan sejak Desember setelah mengakui ada masalah dalam rumah tangganya, akan mengeluarkan pernyataan di depan publik, termasuk tentang masa depannya, pada Jumat.

Pemain golf nomor satu dunia itu selama ini bersembunyi dari masyarakat umum setelah tersingkap masalah pribadinya sejak mengalami kecelakaan kecil di tengah malam di dekat rumahnya di Florida, November tahun lalu, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Kejadian itu merupakan pukulan besar bagi tokoh paling laris dalam pasar olahraga tersebut, apalagi ia saat itu merupakan atlet paling dikenal di dunia ini.

Woods, juara 14 turnamen besar yang diyakini sebagai atlet paling kaya di atas planet ini, akan hadir dalam temu pers di hadapan wartawan di Ponte Vedra Beach, Florida, pada pukul 11 a.m. EST (1600 GMT) Jumat, kata manajernya.

"Tiger berencana mendiskusikan masa lalu dan masa depannya dan ia akan minta maaf atas sikapnya selama ini," kata Mark Steinberg kepada Reuters melalui surat elektronik.

Masalah itu merupakan pertikaian antara Woods dan istrinya, tetapi ia juga menyatakan akan minta maaf kepada banyak orang yang selama ini dekat dengan dia.

"Ia sudah menelantarkan para pendukungnya. Ia menginginkan mulai lagi bangkit dan itulah yang akan didiskusikannya," katanya.

Komisioner PGA Tim Finchem, dalam pertemuan dengan wartawan dalam event WGC-Accenture Match Play Championship di Arizona, minggu lalu, mengatakan, "Saya gembira bila ia berniat mengeluarkan beberapa komentar."

"Saya tidak ada mengasumsikan apa-apa. Kami hanya gembira bila ia tampil lagi setelah merasa sudah saatnya bangkit lagi dari masalah yang selama ini menimpanya," katanya.

Woods (34) selama ini sudah dinasihati beberapa temannya, di antaranya juga delapan kali turnamen besar Tom Watson, agar ia minta maaf kepada berbagai pihak sebelum tampil di turnamen Tur PGA AS.

Watson (60), salah seorang yang paling dihormati dalam berbagai pertandingan, awal bulan ini mengatakan rekannya sesama dari Amerika itu sebaiknya "menunjukkan sikap rendah hati kepada publik" dan tampil lagi "tidak langsung ke padang golf" melainkan kepada masyarakat umum.

Woods, pemain terbesar dalam eranya dan bahkan mungkin sepanjang masa, menjadi bulan-bulanan pemberitaan media massa sejak ia mengalami kecelakaan dini hari pada 27 November.

Setelah dituduh macam-macam menyangkut kehidupan pribadinya, ia dilaporkan menjalani perawatan dari kecanduan seks di Mississippi.

Ia kemudian pulang ke kampung halamannya di Orlando dan ia bersama istrinya dari Swediaa, Elin, diyakini hidup terpisah.

Woods tidak ada memberi gambaran kapan ia akan kembali bertanding dalam turnamen.

Banyak yang menyebutkan ia kemungkinan akan kembali tampil pada 11-14 Maret dalam WGC-CA Championship di Miami dan ada pula yang memprhitungkan ia baru akan tampil lagi dalam U.S. Masters pada April.

Augusta National, tempat permanen turnamen Masters, akan melindungi pemain itu dari serbuan media dunia termasuk pendukung pemain yang selayaknya masih menjalani karirnya itu.

Kalangan sponsor dan panitia pertandingan kini menunggu hari menantikan tampilnya pemain itu. Absennya Woods dari berbagai event yang biasanya diikutinya, menurunkan "rating" televisi sampai 50 persen.

Woods diperhitungkan mendapat pemasukan sekitar 100 juta dolar per tahun sebelum terjadi skandal yang menyebabkan "AT&T and Accenture" tidak menggunakannya sebagai juru bicara mereka.

Namun majalah Forbes, yang menyebut pemasukan pemain itu mencapai satu milyar dolar, mengatakan para sponsor seperti Nike, Electronic Arts and Procter & Gamble`s Gillette, akan tetap membuat atlet itu sebagai peraih uang terbanyak pada tahun ini.(A008/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010