Zurich (ANTARA News/Reuters) - Presiden FIFA Sepp Blatter, Kamis, mengatakan bahwa dia akan menghadapi penantang dari Asia saat maju untuk pemilihan kembali tahun depan.

"Akan ada kandidat untuk jabatan presiden FIFA pada 2011, dari Asia," katanya pada para pewarta tanpa memberi penjelasan lebih jauh.

Blatter (73) dipilih sebagai presiden FIFA pada 1998 dan sejak itu sudah dua kali terpilih kembali.

Dalam surat kabar harian Inggris The Guardian edisi Kamis, ketua Konfederasi Sepak Bola Asia Mohamed Bin Hammam mengatakan bahwa dia akan mengusulkan presiden FIFA di masa depan hanya bisa menjabat paling lama delapan tahun.

Bin Hammam yang asal Qatar itu mengatakan bahwa dia mendapat dukungan ide tersebut dari anggota-anggota komite eksekutif FIFA menjelang pertemuan mereka Maret.

"Saya sungguh yakin delapan tahun cukup bagi setiap presiden untuk berkonsentrasi pada sepak bola," kata Bin Hammam.

"Saya akan tetap bertahan bahwa di masa mendatang presiden FIFA tidak menjabat lebih dari delapan tahun. Saya berharap usulan ini akan didukung dan diterima."

Tidak ada aturan mengenai lamannya menjabat posisi presiden. Pendahulu Blatter, Joao Havelange, sebelumnya menjabat selama 24 tahun.

Bin Hammam tidak mengatakan apakah dia akan tertarik untuk mencalonkan diri untuk posisi paling berkuasa dalam sepak bola itu.

"Masih terlalu awal untuk memutuskan," katanya. "Ada lebih banyak kandidat yang berpotensi (dari sepak bola Asia) yang dapat mengisi peran presiden FIFA. Namun saat itu diputuskan kami harus mendukung mereka." (I015/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010