Jakarta (ANTARA News) - Tim Sembilan yang merupakan inisiator Panitia Angket Kasus Bank Century DPR RI menemui Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto, di kantor pusat partai tersebut di Jakarta, Minggu.

Anggota Tim Sembilan dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa kunjungan Tim Sembilan kepada Ketua Umum DPP Partai Hanura untuk menjelaskan perkembangan kerja Panitia Angket Kasus Bank Century dan meminta pimpinan tujuh parpol untuk tetap konsisten menyikapi kasus Bank Century seperti pada pandangan awalnya.

"Kami akan berkunjung kepada pimpinan tujuh parpol untuk meminta dukungan agar tetap bersikap konsisten dan kunjungan pada sejumlah tokoh masyarakat untuk meminta dukungan moralnya," kata Bambang Soesatyo.

Dikatakannya, pertemuan Tim Sembilan dengan pimpinan tujuh parpol menjadi agenda yang sangat penting, karena penyikapan kasus Century saat ini tidak hanya pada anggota panitia angket, tapi telah memasuki ranah pimpinan parpol.

Pertemuan dengan pimpinan tujuh parpol, kata dia, sangat penting guna mencegah adanya transaksi politik antarparpol yang berusaha membelokkan kesimpulan akhir panitia angket.

"Kita harapkan tidak ada transaksi politik karena ini adalah soal kebenaran," kata Bambang.

Ketujuh pimpinan Parpol yang akan ditemui Tim Sembilan adalah Partai Hanura, Partai Gerindra, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Bambang, ketujuh parpol tersebut telah menyampaikan pandangan awal yang sama, yakni menemukan adanya pelanggaran pada kasus Bank Centutry.

Dua parpol lainnya, yakni Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam pandangan awalnya, tidak menemukan adanya pelanggaran pada Bank Century karena telah sesuai aturan.

Selain akan bertemu tujuh pimpinan Partai, kata dia, Tim Sembilan juga akan bertemu sejumlah tokoh masyarakat.

Sebelumnya, Tim Sembilan telah bertemu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi, di Jakarta, Jumat (19/2).

Tim Sembilan juga akan bertemu Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, dan mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Surya Paloh.

Anggota Tim Sembilan, yakni Maruarar Sirait (PDIP), Andi Rahmat (PKS), Bambang Soesatyo (Golkar), Ahmad Muzani (Gerindra), Akbar Faizal (Hanura), Romahurmuziy (PPP), Chandra Wijaya (PAN), Mukhammad Misbakhun (PKS) dan Lily Wahid (PKB).

(T.R024/S023/P003)

Pewarta: priya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010