Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, PT LG Electronics Indonesia, mengincar penguasaan pasar lemari es (kulkas) mewah yang harganya di atas Rp20 juta per unit, dengan pangsa pasar sekitar 70 persen.

"Pasar mewah memang sangat kecil di Indonesia, namun pasarnya terus tumbuh stabil pada kisaran 5-10 persen per tahun," kata Direktur Pemasaran PT LG Electronics Indonesia (LGEIN), Budi Setiawan, pada peluncuran kulkas side by side (dua pintu bersisian) Shine, di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, persaingan pasar pada segmen kulkas dua pintu bersisian yang mewah tersebut cukup ketat karena banyak merek juga memasarkan produknya di Indonesia, baik dari Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dan sesama merek dari Korea Selatan, yaitu Samsung.

"Namun kami optimistis bisa lebih bersaing terutama dengan kulkas dari Eropa dan Amerika Serikat karena kami memiliki basis produksi dan jaringan layanan yang luas di Indonesia. Hal itu membuat kami yakin bisa menguasai pasar," ujar Budi.

Ia mengatakan, selama ini kulkas satu pintu mendominasi permintaan di Indonesia dengan penguasaan pasar sebesar 55 persen, sedangkan kulkas dua pintu dengan ukuran bawah 300 liter menguasai 35 persen pasar dan sisanya 15 persen adalah pasar kulkas dua pintu di atas 300 liter, termasuk di dalamnya kulkas dua pintu bersisian.

"Pasar kulkas side by side tidak besar hanya sekitar dua sampai lima persen. Meski demikian, permintaan kulkas tersebut terus tumbuh, seiring membaiknya perekonomian nasional." kata Budi.

Menurut Kepala (Pemasaran) Produk Peralatan Rumah Tangga LGEIN, Michael Adisuhanto, pihaknya pada tahun 2008 dan tahun lalu telah memimpin pasar kulkas dua pintu bersisian dengan pangsa pasar sebesar 70 persen dari total pasar masing-masing sebesar 9.500 unit dan 9.200 unit.

"Tahun ini kami ingin mempertahankan penguasaan pasar sebesar 70 persen," katanya.

Untuk memperkuat pasar kulkas dua pintu bersisian itulah, pihaknya meluncurkan kulkas Shine yang harganya mencapai Rp34 juta per unit.

Kulkas mewah yang diimpor langsung dari Korea Selatan tersebut memiliki berbagai fitur canggih, antara lain kompresor linier yang mampu menghemat listrik sampai 23 persen dengan pemakaian konsumsi listrik antara 180 sampai 200 watt dan ruang hampa udara di salah satu kompartemen kulkas itu.
(R016/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010