Jakarta (ANTARA News) - Peneliti Masalah Ekonomi Indonesia asal Australia, Hal Hill mengungkapkan kebingungan investor asing terkait dengan kasus Bank Century yang dimasukan dalam proses politik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Saya kira keputusan pemerintah soal Century sudah benar, hal ini membuat pihak investor asing agak bingung, ekonomi masih sehat, berhasil mengatasi krisis, Presiden menetapkan para teknokrat yang handal dalam kabinetnya, kenapa ada kasus Bank Century di DPR?," kata peneliti dari Universitas National Australia (ANU) di Jakarta, Senin.

Menurut dia, langkah Pemerintah menyelamatkan Bank Century sudah tepat. Sebab, menurut dia, langkah tersebut telah menghindarkan Indonesia dari ancaman krisis di sektor perbankan.

"Keputusan pemerintah sudah benar, yang penting tidak membuat kolaps perbankan, karena meski Bank Century kecil, namun hal itu bisa saja membuat kolaps sektor perbankan bila dibiarkan bangkrut," katanya.

Sementara itu, Hill memandang, kesuksesan Indonesia dalam menghadapi krisis finansial global setidaknya dipengaruhi oleh dua hal. Pertama kondisi eksternal. Indonesia yang relatif tidak terlalu tergantung atau terhubung dengan dunia, seperti sektor keuangan.

Selain itu juga masih rendahnya perdagangan ekspor-impor Indonesia berkontribusi dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB) dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Di sisi lain, kekuatan perekonomian China yang tetap cukup kuat juga menjadi lokomotif untuk mengerek gerbong perekonomian khususnya di Asia.

Kedua, menurut dia kondisi internal. Hal itu terkait dengan kemampuan pemerintah dalam membuat kebijakan yang relatif mampu meredam dampak dari krisis finansial global.
(ANT/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010