Jakarta (ANTARA News) - Tim kualifikasi Piala Thomas Indonesia kehilangan satu angka saat melawan tim Singapura setelah pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama gagal menyumbang angka.

Pada hari pertama kualifikasi zona Asia yang digelar di Nakorn Ratchasima, Thailand, Senin malam, unggulan pertama Indonesia mengalahkan Singapura 4-1 dan sementara memimpin Grup A.

Taufik Hidayat menyumbang angka pertama dengan kemenangan 21-10, 21-18 atas Derek Wong Ziliang, namun kekalahan Rian/Yonatan yang baru pertamakali memperkuat tim Thomas, dari Hendri Kurniawan Saputra/Hendra Wijaya 19-21, 18-21 membuat kedudukan menjadi 1-1.

Sony Dwi Kuncoro yang tampil sebagai tunggal kedua kembali membuat Indonesia memimpin dengan menang 21-12, 21-9 atas Ashton Chen Yongzhao.

Kemenangan pasangan Alvent Yulianto/Mohammad Ahsan atas Terry Yeo Zhao Jiang/Johnathan Tang Yew Loong 21-3, 21-19 memastikan kemenangan tim Indonesia 3-1.

Namun partai kelima yang mempertemukan Simon Santoso dan Kelvin Ho Ying Chong tetap digelar dan Simon memperkuat kemenangan Indonesia menjadi 4-1 setelah menang mudah 21-5, 21-6.

Manajer tim Thomas Yacob Rusdianto mengaku puas dengan hasil yang dicapai tim putra meskipun kehilangan satu angka.

"Ganda pertama mereka (Singapura) memang cukup kuat. Kedua pasangan memang imbang," katanya mengenai pasangan yang mengalahkan Rian/Yonatan.

Terseok-seok
Tim putri yang menjalani pertandingan Grup X melawan Singapura pada waktu yang bersamaan dengan tim putra mengalami nasib yang berbeda.

Dua tunggal pertama gagal menyumbang angka setelah Adriyanti Firdasari mengalami kekalahan dari Zhang Beiwen dengan skor ketat 27-29, 20-22, dan Maria Febe Kusumastuti yang baru pertamakali tampil dalam turnamen beregu menyerah pada Xing Aiying dengan skor 14-21, 19-21.

Dua angka pertama tim Uber disumbangkan dua nomor ganda yang tampil pada partai kedua dan keempat untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Greysia Polii/Nitya Krishinda yang tampil pada partai kedua menang atas Yao Lei/Shinta Mulia Sari 21-15, 21-16, sedang Liliyana Natsir/Shendy Puspa Irawati mengalahkan Frances Liu Fan/Vanessa Neo Yu Yan 21-15, 21-12.

Indonesia akhirnya berhasil mengalahkan Singapura 3-2 setelah pada partai terakhir peraih medali perunggu Olimpiade Beijing Maria Kristin menundukkan Fu Mingtian 21-4, 21-9.

Kemenangan 3-2 tersebut menempatkan Indonesia sementara di urutan kedua Grup X di bawah Korea yang menang 5-0 atas Srilanka.

Sementara Jepang memimpin Grup Y setelah menang 5-0 atas Filipina diikuti India yang menundukkan Hong Kong 3-2. Dua tim teratas Grup X dan Y langsung maju ke semifinal.

Yacob Rusdianto yang juga Sekjen PB PBSI mengatakan bahwa kekalahan Firdasari dan Maria Febe tidak di luar dugaan karena peringkat mereka imbang dengan lawan-lawannya.

Firdasari saat ini menempati ranking 22 dunia, enam peringkat di atas Zhang Beiwen (28), sedangkan Maria Febe peringkat 27, 14 tingkat di atas Xing Aiying yang menempati urutan 41 dunia.

"Yang penting tim menang dulu untuk modal pertandingan mendatang," katanya.(F005/A038)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010