Denpasar (ANTARANews ) - Menteri Pertanian Suswono mengemukakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki hak untuk setiap saat merombak susunan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II.

"Presiden punya hak setiap saat untuk itu. Tidak bisa diintervensi oleh siapapun. Dalam kontrak yang disepakati kan memang begitu," katanya kepada wartawan di sela-sela pembukaan Konferensi Internasional Minyak Sawit dan Lingkungan (ICOPE) 2010 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Politisi asal PKS yang juga mantan Wakil Ketua Ketua Komisi Pertanian (IV) DPR itu mengemukakan bahwa ada perombakan kabinet atau tidak, tidak ada hubungannya dengan masalah Pansus Bank Century di DPR.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa hingga saat ini suasana di pemerintahan pimpinan SBY tetap berjalan dengan baik. Ia mengaku semua anggota kabinet tetap bekerja dengan kompak. Ia membantah ketika ditanya apakah suasana kabinet saat ini memanas.

Ketika ditanya apakah dirinya siap untuk diganti oleh Presiden, ia tidak langsung menjawab dengan tegas, tapi mengemukakan bahwa hal itu sudah sesuai dengan kontrak kerja antara menteri dengan Presiden.

"Dalam kontrak yang disepakati kan sudah disebutkan bahwa setiap saat harus siap," katanya.

Suswono justru menjawab pertanyaan wartawan dengan menyebutkan bahwa rapat-rapat kabinet saat ini selalu diwarnai dengan hidangan makanan lokal, seperti kacang rebus, ketela rebus dan lainnya.

"Tidak ada yang makanan impor. Seharusnya forum-forum seperti ini juga begitu, menyediakan makanan lokal, sehingga ada nilai tambah bagi petani," katanya.
(M026/B010)

Pewarta: ferly
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010