London (ANTARA News) - Penyanyi tenor Spanyol Placido Domingo menjalani operasi pencegahan, setelah menderita sakit perut saat pentas di Tokyo.

Dia diharuskan absen dari panggung selama enam minggu, kata London's Royal Opera House hari Minggu, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Penyanyi berusia 69 tahun itu, merupakan salah satu tokoh terbesar di dunia opera. Dia terpaksa mengundurkan diri dari peran Bajazet dalam opera "Tamerlano" karya George Friderich Handel.

Opera itu dipentaskan di Covent Garden London. Dia dijadwalkan menyanyi pada 5, 8, 11, 15 dan 20 Maret.

"Setelah mengalami penderitaan secara fisik dan sakit perut bagian bawah selama seminggu saat pentas di Tokyo, Placido Domingo memutuskan untuk kembali ke New York demi pemeriksaan fisik secara lengkap," kata perusahaan opera Inggris itu dalam sebuah pernyataan.

Menurut agennya, Nancy Seltzer, dokter yang memeriksa Domingo memutuskan bahwa dia membutuhkan operasi pencegahan yang direkomendasikan secara medis.

"Setelah operasi mereka akan memiliki ide yang bagus mengenai kapan Domingo akan kembali naik panggung. Semoga dalam enam minggu." Berdasarkan laporan New York Times, Seltzer menolak untuk enyebutkan jenis operasi. Dia hanya mengatakan operasi akan dilakukan di New York.

Royal Opera House mengambil langkah yang tidak biasa untuk membayar kembali tiket 20 persen dari nilai pembelian dalam bentuk catatan kredit "dalam pengakuan atas pengunduran diri beberapa artis istimewa jarang dilakukan dalam opera."

Domingo akan digantikan oleh penyanyi tenor Amerika Serikat, Kurt Streit. Awalnya Streit bernyanyi untuk peran Bajazet pada 13 dan 17 Maret. (ENY/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010