Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical), mengatakan bahwa setelah keluar pendapat akhir fraksi maka partainya akan menyerahkan masalah hukum kasus Bank Century kepada lembaga hukum.

"Setelah memberikan pendapat akhir, tentunya nanti dilanjutkan ke rapat paripurna DPR dan kemudian kita sampaikan ke pemerintah. Sedangkan mengenai masalah hukumnya diserahkan kepada lembaga hukum," katanya usai pertemuan dengan para dubes negara sahabat di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut Ical menjelaskan dalam pertemuan dengan para dubes negera sahabat tersebut disampaikan mengenai persoalan kasus Bank Century. Menurut Ical, Partai Golkar telah menyatakan posisinya dan akan tetap bersikap obyektif berdasarkan fakta dan bukti yang ada.

"Prinsipnya masalah hukum tidak diselesaikan di pansus, masalah hukum akan diselesaikan di lembaga hukum," kata Ical.

Lebih lanjut Ical menjelaskan bahwa partainya siap dengan konsekwensi atas pemandangan akhir tersebut.

Namun menurut Ical meskipun persoalan kasus pemberian dana talangan bagi Bank Century menjadi salah satu isu besar yang sedang dihadapi Indonesia tetapi persoalan kemiskinan jauh lebih penting untuk segera diatasi.

"Isu Bank Century merupakan salah satu isu utama, tapi persoalan kemiskinan jauh lebih penting untuk kita hadapi," kata Ical.

Lebih lanjut Ical menjelaskan kepada para duta besar bahwa sikap Golkar terhadap Skandal Bank Century akan tetap objektif. Sementara terkait dengan stabilitas pemerintahan, Ical menyatakan bahwa Golkar terus mendukung pemerintah sampai 2014.

Golkar, ujarnya, juga akan senantiasa menjalin hubungan diplomasi yang telah terbina selama ini dengan negara-negara sahabat.

"Partai Golkar sangat ingin bekerja sama dengan negara lain melalui para duta besar di tengah globalisasi ini," katanya. Menurut Ical hubungan internasional yang baik perlu terus ditingkatkan.

Selain persoalan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi, Golkar juga sangat menghargai perkembangan demokrasi yang telah tumbuh di Indonesia.

Dubes yang hadir pada acara di Hotel Four Seasons, Kuningan, itu antara lain dari China, Australia, Amerika Serikat, Brazil, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura.

Sementara Ical ditemani Ketua Golkar Priyo Budi Santoso dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Akbar Tandjung.
(T.J004/B013/P003)

Pewarta: ferly
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010