Peshawar, Pakistan (ANTARA News)- Para gerilyawan, Kamis meledakkan sebuah truk tangki di Pakistan barat laut yang mengangkut bahan bakar minyak untuk pasukan NATO di seberang perbatasan di Afghanistan.

Sopir melarikan diri tanpa cedera sementara pembantunya cedera setelah sebuah bom yang diletakkan di truk tangki itu meledak dekat Peshawar , kata perwira polisi Hazrat Ali kepada AFP dan menambahkan kendaraan itu terbakar.

Petugas penjinak bom Tanvir Ahmed mengatakan bom waktu itu ditempatkan di truk tangki itu dengan satu magnit.

Tidak ada yang mengaku bertanggungjawab, kata Ali , tetapi Taliban dan para anggota kelompok gerilyawan lokal Lashkar-e-Islam (Tentara Islam) sering menyerang kendaraan-kendaraan yang mengangkut pasokan untuk NATO di rute utama melalui Pakistan barat laut.

Sekitar 80 persen pasokan untuk sekitar 121.000 tentara NATO dan Amerika Serikat di Afghanistan melewati Pakistan.

Para pejabat AS menganggap Pakistan barat laut sebagai tempat persembunyian bagi gerilyawan Taliban dan Al Qaida yang melarikan diri dari Afghanistan setelah invasi pimpinan AS akhir tahun 2001 yang menggulingkan pemerintah Taliban menghimpun kembali kekuatan dan melancarkan serangan-serangan terhadap pasukan asing di perbatasan itu.(*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010