Sampang (ANTARA News) - Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Karongan, Desa Tanggumung, Kecamatan Kota, Sampang, Madura, Jawa Timur, Mariyanto (28), meninggal dunia di tempat kerjanya di Malaysia.

Mariyanto meninggal dunia sekitar sepekan lalu, dan jenazahnya baru tiba di Sampang, Kamis (25/2).

"Pihak keluarga belum mengetahui penyebab kematian Mariyanto, karena perusahaan jasa tenaga kerja yang memberangkatkan saudara saya itu juga tidak tahu tentang penyebab kematiannya," kata saudara kandung Mariyanto, Kurnia.

Mariyanto berangkat ke Malaysia menjadi TKI sejak empat bulan lalu, melalu jalur resmi.

Ia berangkat melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Abi Manyu yang beralamat di Sidoarjo, Jatim.

Kurnia menyesalkan PJTKI yang memberangkatkan saudaranya itu. Sebab, selain tidak mengetahui pasti penyebab kematian Mariyanto, pengiriman jenazahnya juga lambat.

"Saudara saya ini sudah meninggal dunia pekan lalu. Tetapi mengapa jenazahnya baru dikirim hari ini," katanya.

Sementara itu, menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat Muhsin, almarhum bekerja di Malaysia sebagai TKI untuk membantu perekonomian keluarganya.

"Almarhum memiliki tiga adik yang kini masih menempuh pendidikan. Sedangkan kedua orang tuanya sudah tua. Jadi, ia bekerja untuk membantu orang tua dan ketiga adiknya yang masih sekolah," kata Muhsin.

Kedatangan jenazah Mariyanto di kampung halamannya Dusun Karongan, Desa Tanggumung, Sampang, pada Kamis sore.

Jenazah ini langsung dimakamkan di pemakaman umum desa setempat.

Sementara itu, pihak keluarganya masih menunggu kabar lebih lanjut dari PJTKI tersebut tentang penyebab kematian Mariyanto.
(T.PK-ZIZ/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010