London (ANTARA News) - Tottenham Hotspur lolos dari perlawanan balik pada babak kedua yang dilakukan Everton untuk memastikan kemenangan 2-1 di kandang yang membawa mereka ke posisi keempat klasemen liga utama Inggris, Minggu.

Roman Pavlyuchenko, yang sebelumnya mencetak dua gol dalam setiap babak pada dua pertandingan terakhirnya, membuat Spurs unggul saat dia menyambut umpan silang Jermain Defoe pada menit ke-11.

Dengan Gareth Bale mengamuk ke depan seperti pemain sayap yang sudah lama, Spurs melengkapi kendali mereka dan unggul 2-0 pada menit ke-28 dengan sentuhan yang bagus dari Luka Modric.

Permainan berubah pada lima menit babak kedua saat Tottenham kehilangan pemain tengah Tom Huddlestone dan Everton mulai memegang kendali.

Mereka membalas satu gol pada menit ke-53 saat Ayegbeni

Yakubu memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Heurelho Gomes dan ini pertamakalinya Spurs kebobolan di kandang dalam enam pertandingan liga. Namun penjaga gawang Spurs itu menebus kesalahannya dengan melakukan penyelamatan yang bagus yang menggagalkan upaya dari Jack Rodwell dan Steven Pienaar.

Everton, yang bangkit dari ketinggalan 0-2 di kandang untuk bermain imbang 2-2 dengan Spurs di Goodison Park pada Desember, seharusnya bisa mengulang hal yang sama 12 menit sebelum bubaran namun pemain pengganti Landon Donovan gagal.

Mereka meneruskan tekanan namun Spurs bisa mempertahankan kemenangan dan membawa mereka kembali ke posisi keempat dengan 49 poin, di atas Manchester City dengan unggul selisih gol.(*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010