London (ANTARA News/Reuters) - Wayne Rooney melanjutkan pencetakan golnya yang luar biasa pada musim ini menjadi 28 gol untuk mengantar Manchester United meraih kemenangan 2-1 atas Aston Villa pada final Piala Liga ke-50 di Stadion Wembley, Minggu.

Rooney, yang masuk sebagai pemain pengganti untuk pencetak gol lainnya, Michael Owen, menjebol gawang dengan sundulan yang sangat bagus pada menit ke-74 untuk membukukan golnya yang ke-20 dalam 20 pertandingan terakhir dia, saat United menjadi tim pertama sejak Nottingham Forest pada 1989 dan 1990, yang memenangi Piala Liga secara berturut-turut.

"Senang rasanya bermain pada pertandingan final di Wembley dan mencetak gol kemenangan," kata Rooney pada BBC.

"Saya pikir semua pemain yang bermain di kompetisi itu akan merasa bangga pada diri mereka. Tadinya saya ingin bermain (sejak dari awal tapi lutut saya sedikit luka."

Aston Villa, pemenang pertama trofi itu pada 1961, dan menang atas Manchester United pada 1994, unggul lebih dulu pada menit kelima saat James Milner mencetak gol dari titik penalti, namun setelah itu United tampil lebih mendominasi dan juga dua kali bola dari para pemain United membentur tiang gawang.

Manajer Villa Martin O`Neill menilai pemain belakang United Nemanja Vidic seharusnya diganjar kartu merah karena pelanggarannya yang mengantar terjadinya penalti.

"Saya pikir itu akan diterima di seluruh dunia bahwa mereka seharusnya berkurang menjadi 10 pemain. Tidak ada keputusan yang lain," kata O`Neill pada BBC.

"Itu bukan keputusan yang bagus oleh wasit yang di sisi lain bagus. Itu poin utama dari pertandingan itu."

Owen membawa United kembali ke pertandingan dengan gol yang menyamakan kedudukan pada menit ke-13, menjebol gawang dengan sentuhan pertama, yang mungkin akan mengesankan pada manajer Inggris Fabio Capello, yang juga menyaksikan pertandingan itu.

Namun dia terpaksa keluar pada menit ke-42 karena cedera urat lutut dan Rooney masuk menggantikannya.

United juga nyaris menciptakan gol saat tembakan Ji-Sung Park membentur tiang gawang pada akhir babak pertama dan sundulan Rooney juga membentur tiang gawang dua menit setelah mencetak gol.

Meskipun keperkasaan United tidak diragukan namun hasil pertandingan bisa saja berbeda jika saja Vidic dikeluarkan karena pelanggarannya pada Gabriel Agbonlahor, yang membuahkan penalti bagi Villa. Namun ternyata Vidic beruntung tidak mendapat kartu kuning atau kartu merah dari wasit Phil Dowd. Tapi bagaimana pun juga United dihukum saat Milner menjebol gawang dari titik penalti, membuat penjaga gawang Tomasz Kuszczak salah langkah.(I015/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010