Munich (ANTARA News) - Franck Ribery mencetak gol pada akhir permainan ketika memenangkan Bayern Munich 1-0 pada laga kandang melawan Hamburg SV sehingga tim Bavarian tersebut naik ke puncak klasemen sementara Minggu, merupakan yang pertama kali pada musim ini.

Pemain Prancis itu lewat di sayap kiri, memotong pemain bertahan lawan dan menjebloskan bola pada menit ke-78, merupakan golnya yang ketiga dalam musim ini karena sebelumnya harus beristirahat karena cedera, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Kemenangan itu membuat Bayern kini mengantungi 52 poin dari 24 pertandingan dan membuat mereka berada di puncak dengan beda dua angka dengan pimpinan sebelumnya Bayer Leverkusen, yang ditahan imbang 0-0 di kandang oleh tamu mereka Cologne, Sabtu, dan mengakhiri kiprah belum terkalahkan dalam 24 pertandingan.

Schalke 04, yang mengalahkan saingan berat mereka Borussia Dortmund 2-1 Jumat, lebih di bawah dua angka, berada di tangga ketiga.

Hanover 96 pada akhir minggu ini berada di zona degradasi setelah kalah kandang 0-1 atas juara VfL Wolfsburg pada pertandingan Minggu.

"Pertandingan amat berat, Hamburg memiliki pemain baik tetapi satu pemain bisa menjadi penentu kemenangan," kata pelatih Bayern Louis van Gaal.

"Saya tidak dapat memikirkan, tim yang belum pernah kalah tetapi tidak memimpin klasemen, tapi itulah yang terjadi," kata pelatih kharismatik dari Belanda itu.

Bayern kelihatannya sudah frustrasi sebelum lahir gol yang diciptakan Ribery.

Tim tuan rumah mengawali permainan dengan hidup dan Arjen Robben yang berlari ke berbagai arah selalu membuat susah tamu mereka. Mark van Bommel, yang melesatkan bola ditepis Thomas Mueller dan memaksa Frank Rost, melakukan penyelamatan sulit pada babak pertama.

Hamburg melakukan peringan ketika Piotr Trochowski melakukan tembakan menyusul serangan balik mereka dan Mladen Petric harusnya menendang dengan penuh perhitungan pada babak pertama, ketika bola melebar sedangkan ia pada posisi berbahaya.

Hamburg, di urutan keempat dengan 40 poin, berusaha membuat lawan merek frustrasi pada babak kedua.

Robben beberapa kali berlari ke arah yang tidak benar sehingga permainannya tidak produktif dan beberapa kali gebrakan Bayern tidak menemui hasil akhir yang memuaskan.

Ribery kelihatannya semakin berbahaya ketika dua kali tendangannya melebar tipis dari tiang gawang pada menit akhir sebelum lahir gol menit ke-78.

Hanover mengalami kekalahan kesembilan berurutan dan turun ke urutan ke-17 dalam 18 tim yang ada pada klasemen sementara, dengan mengantongi 17 poin, satu angka di bawah Nuremberg, yang imbang 0-0 di VfL Bochum, Sabtu, dan naik dari zona berbahaya.(A008/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010