London (ANTARA News) - Pelatih Brazil Dunga berharap pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia Selasa, dapat memperteguh pendiriannya bahwa Skuad Samba bisa sukses pada Piala Dunia (PD) tanpa Ronaldinho.

Dunga secara perlahan-lahan mengasingkan Ronaldinho sejak mengambil alih kepemimpinan Selecao tahun 2006, setelah memilih untuk membangun sebuah tim yang sesungguhnya.

Dunga lebih mempercayai pemain tengah berbakat biasa seperti Felipe Melo, Gilberto Silva dan Elano daripada pemain bintang penuh bakat namun tidak disiplin seperti Ronaldinho.

Keputusan itu mengecewakan pendukung dan pakar sepakbola, terutama karena penjelmaan kembali pemain flamboyan itu. Pemain berusia 29 tahun itu, akhirnya mendapatkan semangatnya kembali dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam pertandingan Liga Champion antara AC Milan melawan Manchester United, Ronaldinho membuktikan bahwa dia masih berbahaya bagi pemain belakang terbaik di dunia.

Dunga tetap teguh pada pendiriannya dan tidak memasukkan Ronaldinho ke dalam skuad Brasil melawan Republik Irlandia. Pertandingan itu akan berlangsung di stadion milik Arsenal, Emirates di London.

"Saya pikir itu biasa (kepergian Ronaldinho menimbulkan kontroversi) sebab pemain yang tidak bermain selalu yang terbaik dan semua orang ingin membicarakan siapa yang tidak ambil bagian dalam tim nasional," kata Dunga sebagaimana dikutip dari AFP.

"Tidak ada yang baru pada PD. Pertanyaan dan jawaban selalu sama. Tekanan pada pelatih Selecao selalu sangat kuat," kata mantan kapten Brasil saat menjuarai PD 1994 itu.

"Setiap daerah dan koran senang memaksakan pemain mereka sendiri, tetapi saya tetap pada cara saya sendiri," tambah Dunga.

Meski mengacuhkan Ronaldinho, Dunga tetap memainkan pemain bintang seperti Kaka dan Robinho.

Tim Samba akan bertanding untuk yang kelima kalinya di stadion Emirates. Sebanyak 60.000 penonton diharapkan hadir di stadion yang terletak di London utara itu.

Bagi Irlandia, pertandingan itu akan menggambarkan apa yang terjadi.

Tim asuhan Giovanni Trapattoni tampil untuk pertama kalinya sejak gol Thierry Henry yang kontroversial membuyarkan mimpi Irlandia untuk tampil di PD 2010.

Trapattoni memasukkan tiga pemain yang belum pernah bermain untuk tim nasional Irlandia.

James McCarthy, pemain tengah Wigan kelahiran Skotlandia yang menolak kesempatan bermain untuk negara kelahirannya demi bermain bagi Irlandia. Meski masuk dalam skuad, dia diragukan tampil karena cedera pergelangan kaki saat melawan Birmingham Sabtu.

Pemain belakang Manchester City Greg Cunningham dan pemain belakang Portsmouth juga dipanggil untuk pertama kalinya. (ENY/A024)

Pewarta: bwahy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010