Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pimpinan fraksi akan menggelar rapat konsolidasi internal fraksi secara terpisah menyusul kericuhan yang terjadi pada rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Informasi yang dihimpun ANTARA, pimpinan dari sejumlah fraksi telah mengumumkan melalui pengeras suara di ruang rapat paripurna agar anggota fraksi hadir di rapat internal fraksi.

Fraksi yang sudah mengumumkan akan melakukan rapat internal di antaranya Fraksi Partai Golkar di ruang KK I, Fraksi Partai Demokrat di ruang KK II, Fraksi PDI Perjuangan di Komisi X, dan Fraksi Gerindra di lantai tiga Gedung Nusantara.

Namun hingga sekitar 15 menit setelah pengumuman sejumlah anggota DPR tampak tetap meramaikan ruangan rapat paripurna. Mereka bergerombol di bagian depan dan di dekat podium.

Kericuhan pada rapat paripurna bermula setelah Ketua Panitia Angket Kasus Bank Century Idrus Marham selesai membacakan laporan kesimpulan dan mengembalikan jalannya sidang kepada pimpinan sidang yakni Marzuki Alie.

Saat itu sejumlah anggota DPR segera mengajukan interupsi dengan menghidupkan speaker dan berteriak-teriak, "Pimpinan, interupsi pimpinan!".

Ketua DPR Marzuki Alie yang bertindak sebagai pimpinan sidang berusaha menengahi dengan mengatakan : "Kalau bicara satu-satu".

Namun, anggota DPR yang mengajukan interupsi bertambah banyak dan hal
ini berlangsung selama beberapa menit.

Marzuki Alie kemudian tetap saja berbicara menjelaskan mekanisme rapat paripurna sementara anggota DPR makin banyak yang mengajukan interupsi.

Sejumlah anggota DPR tampak tidak sabar sehingga maju ke depan menghampiri pimpinan sidang. Melihat hal itu sejumlah anggota DPR lainnya juga maju ke depan berusaha untuk melerai. Kericuhan segera terjadi.

Salah seorang anggota DPR tampak berteriak : "Kita ambil ambil alih pimpinan sidang".

Anggota DPR lainnya juga maju ke bagian depan sehingga suasana menjadi tidak terkendali.

Ketua Panitia Angket Kasus Bank Century Idrus Marham kemudian tampil di podium dan meminta agar fraksi-fraksi bisa mengendalikan diri dan meminta anggota dari fraksi Partai Golkar untuk rapat internal di ruang KK I.

Pernyataan Idrus diikuti beberapa pimpinan fraksi lainnya yang mengajak anggotanya untuk rapat internal.
(R024/B010)

Pewarta: mansy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010