Seoul (ANTARA News/AFP) - Dua jet tempur Korea Selatan (Korsel) bertabrakan di atas sebuah gunung pada Selasa ketika pelatihan rutin terbang di dekat pangkalan mereka di bagian pesisir timur, kata para perwira militer, kemarin.

Jet F-5s dengan tiga pilot di dalamnya dilaporkan hilang dari radar lima menit setelah meninggalkan landasan pangkalan Gangneung, 160 kilometer sebelah timur Seoul, kata Kementerian Pertahanan.

"Kami yakin dua jet tempur itu bertabrakan di atas sebuah gunung sebelah barat pangkalan itu," kata seorang jurubicara Angkata Udara Korsel kepada AFP, dan menambahkan bahwa nasib para pilot belum diketahui.

Kementerian itu mengatakan pihaknya akan menjelaskan secara rinci setelah regu penyelamat menemukan reruntuhan pesawat militer tersebut.

Tabrakan pesawat itu merupakan kedua kalinya kurang dari dua tahun setelah dua jet tempur F-5Es bertabrakan di sebelah timurlaut Seoul pada November 2008.

Tahun pembuatan dua jet tempur itu belum diketahui. Jet F-5 itu pernah menjalani pemeriksaan di ASpada 1960-an.

Sementara itu, tahun lalu sebuah pesawat jet tempur F-16 Korsel jatuh di Laut Kuning, namun pilotnya meloncat ke luar dengan selamat sebelum pesawat itu jatuh.

Pesawat jet F-16 milik angkatan udara itu jatuh di laut pesisir barat pada sekitar pukul 12:07 waktu setempat.

Sebab-sebab terjadinya kecelakaan jet tempur F-16 itu tidak dipublikasikan.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010