Bekasi (ANTARA News) - Komunitas blogger Kota Bekasi akan melaksanakan kegiatan "Amprokan Blogger Nasional" pada 6-7 Maret 2010 untuk mempererat kemitraan dan jejaring sesama mereka sekaligus mengenalkan keunikan daerah itu.

Humas kegiatan tersebut, Harun Al Rasyid, di Bekasi, Selasa, mengatakan, kegiatan akan diikuti 309 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia sekaligus digunakan untuk mengenalkan manfaat blog bagi masyarakat.

Kata amprokan sendiri berasal dari kata lokal, yaitu amprok yang artinya bertemu. Penggunaan kata amprok tersebut untuk lebih mengejawantahkan budaya lokal Bekasi yang akan merayakan HUT ke-13 pada 9 Maret 2010.

Dalam kegiatan amprokan tersebut akan dilaksanakan serangkaian kegiatan seperti anjangsana berupa kunjungan ke monumen tugu bangsa, tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) Sumur Batu, UKM pembuatan boneka, dan kawasan Jababeka.

"Kunjungan tersebut merupakan perpaduan dari upaya pengenalan nilai kesejarahan, pemanfaatan dan pengelolaan limbah sampah menjadi sumber energi, pembinaan dan pengembangan UKM serta pengenalan potensi wisata Kota Bekasi," ujar dosen Universitas Islam 45 Bekasi itu.

Kegiatan lain yang akan digelar adalah "Live Blogging Contest" di pendopo Wali Kota. Blogger yang hadir diharapkan menulis tentang Bekasi di blognya masing-masing, blog komunitas dan blog sosial dengan tema bebas tentang Bekasi yang terkait dengan kegiatan anjangsana.

"Telkom Speedy telah menyiapkan akses internet gratis (free hotspot) sebesar 20 MB dikawasan kantor Wali Kota, 2 MB diasrama haji tempat peserta menginap serta 2 MB di Aula Pusdiklat Mahkamah Konstitusi tempat acara digelar," ujar Harun yang tengah mengambil program doktor di UI itu.

Blogger juga akan melakukan sarasehan di kediaman Wali Kota terkait pemanfaatan internet seperti kode etik blogger dan rancangan peraturan penggunan internet oleh masyarakat dengan menampilkan Endah Nasution sebagai pakar dibidang tersebut.

Pada 7 Maret 2010, kegiatan amprokan akan diisi dengan seminar dan dialog interaktif bertemakan e-gobernment dan peran blogger yang terbagi dua sesi.

Sesi pertama menghadirkan Tifatul Sembiring Menti Kominfo selaku pembicara kunci (Keynote Speaker), dan pembicara lain Romy Satrio Wahono pakar dibidang teknologi informasi serta Budi Putra, country editor Yahoo Indonesia.

Sesi kedua bertindak selaku pembicara kunci adalah Wali Kota Mochtar Mohamad, dengan pembicara Nukman Lufthie selaku raktisi teknologi informasi serta Untung Wiyono Bupati Sragen tentang penerapan e-government dengan baik.

Blogger Bekasi juga mengajak seluruh peserta mendukung kegiatan pengumpulan sejuta buku untuk anak Indonesia (SeBUAI).

"Sebelum seminar digelar, peserta diharapkan mempersiapkan diri membawa buku-buku bekas untuk disumbangkan namun masih layak baca untuk dikumpulkan panitia SeBUAI dan selanjutkan diteruskan ke perpustakaan atan taman bacaan dilingkungan masyarakat kurang mampu," ujarnya.

Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad, mengharapkan agar kegiatan amprokan tersebut bisa membangkitkan citra Kota Bekasi. "Kegiatan ini merupakan momentum dalam mengenalkan Bekasi yang akan berulang tahun ke-13 melalui dunia maya. Kita memberikan apresiasi atas kerja panitia yang mampu menggelar acara besar menjelang HUT," ujarnya. (M027/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010