Makassar (ANTARA News) - PT Smart Telecom (Smart) dan PT Mobile-8 Tbk di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, mengumumkan kerjasama pemasaran bagi produk dan layanan keduanya.

"Kerjasama strategis ini diharapkan dapat membantu pengeluaran operasional yang lebih efisien dan efektif sehingga memperkuat posisi dan layanan di industri telekomunikasi," kata Presiden Direktur PT Smart Telecom Sutikno Widjaja.

Bentuk kerjasama dari kedua penyedia layanan telekomunikasi berbasis CDMA ini diberi lambang "smartfren". Presiden Direktur Mobile-8 Merza Fachys mengatakan, sinergi bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan yang dimiliki masing-masing perusahaan dengan sumber daya yang ada.

"Bentuk nyata sinergi ini diwujudkan dalam beberapa kegiatan dan peningkatan pelayanan seperti memadukan lokasi pelayanan, penjualan paket telepon genggam, logistik dan pengadaan kartu perdana.

Implementasi pertama dari kerjasama ini dilakukan melalui penjualan bersama di Mega Bazzar Computer (MBC) pembukaan galeri pertama di Sabang, Aceh serta peluncuran telepon genggam smartfren. Masing-masing perusahaan tetap memperkuat pasarnya dengan produk berbasis suara dan data.

Peluncuran telepon genggam smartfren perdana tersebut dipaketkan dengan "Fren Duo" yang menggabungkan layanan telepon lokal dan selular dalam satu kartu.

Head of Region Sulawesi Selatan PT Mobile-8 Yusuf Laoh menyatakan keoptimistisannya telepon genggam ini akan menyumbang ratusan ribu pelanggan baru dengan menyasar kalangan anak muda dan komunitas facebook.

"Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap situs jejaring sosial tersebut mendasari peluncuran telepon genggam ini dengan fitur unggulan facebook selain fitur-fitur menarik lainnya dan program gratisan," jelasnya.

Telepon genggam ini diluncurkan serentak di 13 kota di Indonesia termasuk Makassar dengan fasilitas yang ditawarkan gratis facebook satu bulan, gratis nada tunggu pribadi serta paket sms setiap melakukan isi ulang.

(ANT/S026)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010