Solo (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan kunjungannya ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, dan mengalihkan kunjungannya itu ke Pulau Bali.

Pembatalan kunjungan diketahui dari surat yang dikirimkan oleh Konsul Jenderal Amerika Serikat kepada pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo, bandara yang semula akan didarati pesawat yang ditumbangi Obama sebelum ke Borobudur.

Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Djoko Santoso, di Solo Jumat mengatakan, dalam surat pembatalan yang ditandatangi oleh Konsul AS Ronald Perkel tersebut, memberitahukan bahwa berkenaan perubahan kunjungan Obama ke Pulau Bali, maka kunjungan ke Borobudur dibatalkan.

Menurut dia, rencana kunjungan Presiden Barack Obama ke Candi Borobudur naik pesawat Boeing 747 Air Force One melalui Bandara Adi Soemarmo Solo.

Pihak Bandara Adi Soemarmo sendiri terkait rencana kunjungan Presiden Obama di Candi Borobudur telah siap baik fasilitas maupun keamanan di sekitar bandara.

Sejumlah perwakilan dari pihak konsulate AS juga telah beberapa kali meninjau di Bandara Adi Soemarmo untuk melihat kondisi keamanan dan sejumlah fasilitas yang harus dipersiapkan.

Sementara Kepala Poltabes Surakarta Kombes Pol Joko Irwanto sebelumnya juga telah melakukan persiapan pengamanan di rute yang akan dilewati Presiden Obama sekitar bandara di Solo.

Namun, pihak konsulat AS telah membatalkan dan merubah kunjunganya ke Bali.

(ANT/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010