Jakarta (ANTARA News) - Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) dan pusat kebudayaan perancis atau Centre Culturel Francais (CCF) mengadakan pameran foto Regards Croises (Silang Pandang) pada 5 hingga 21 Maret.

Pameran foto tersebut dibuka pada Jumat, di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA, di Pasar Baru, Jakarta.

Pameran tersebut menampilkan sekitar 97 hasil karya fotografi yang diabadikan delapan fotografer yakni Thibault Gregoire dari Belgia, Fanny Octavianus, Pewarta Foto Perum LKBN ANTARA, dan enam fotografer wanita belia yang merupakan alumni workshop reguler GFJA.

Thibault Gregoire sendiri melakukan pengambilan gambar di Jakarta sementara tujuh lainnya di berbagai negara di Eropa seperti Turki, Perancis, Belanda, dan Rusia.

Thibault adalah seorang wartawan yang tinggal di Jakarta sejak tahun 2006 dan pernah bekerja selama 10 tahun di berbagai lembaga swadaya masyarakat dan lembaga internasional.

Ia juga pernah mengenyam studi jurnalistik di Brussels Belgia.

Selain memamerkan hasil karyanya, pada pembukaan pameran ini Thibault akan meluncurkan bukunya "One Day in Jakarta" yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia.

Kurator Pameran, Oscar Matulloh mengatakan pameran tersebut adalah karya fotografi yang tersusun rapi menjadi mozaik waktu, mengendapkan batas negara menjadi dimensi yang bisa disimak sebagai cerita dari bumi.

Fanny Octavianus, Pewarta Foto dari Perum LKBN ANTARA mengatakan pihaknya berharap penyelenggaraan pameran tersebut bisa memberikan warna baru bagi perkembangan fotografi di Indonesia.
(W004/R009)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010