Roma (ANTARA News/AKI) - Colosseum, salah satu monumen bersejarah dan paling terkenal di Italia, akan direstorasi tahun ini sebagai bagian dari rencana pengembangan strategis senilai 40 juta euro, Walikota Roma Gianni Alemanno mengumumkan, Jumat.

Alemano mengumumkan restorasi monumen tersebut sebagai usaha paling akhir Roma untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 kepada wartawan.

Menurut dia, dana dari swasta juga akan digunakan untuk membantu perhelatan tersebut.Roma pernah menjadi tuan rumah Olimpiade ke-17 tahun 1960.

Tahun lalu Alemano berjanji akan melakukan pekerjaan restorasi atas Colosseum, salah satu contoh agung rekayasa dan arsitektur gaya Romawi, mulai April 2010 untuk menandai ulang tahun ke-2.763 kota Roma.

Restorasi dilakukan karena bangunan itu mengalami kerusakan yang telah terjadi selama berabad-abad akibat gempa bumi dan penjarahan.

Jutaan wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke monumen itu setiap tahun dan merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling populer di negara itu.
(M016/A038)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010