Karawang (ANTARA News) - Sebanyak 13 kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diterjang angin puting beliung atau angin kencang selama Januari hingga pekan pertama Maret 2010.

Sesuai dengan data Dinas Sosial Karawang, ke-13 kecamatan yang diterjang angin puting beliung selama Januari hingga pekan pertama Maret 2010 ialah Kecamatan Ciampel, Majalaya, Tegalwaru, Karawang Barat, Telukjambe Timur, dan Kecamatan Telukjambe Barat.

Kecamatan lainnya ialah Kecamatan Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Lemah Abang, Pedes, Kotabaru, Cikampek, dan Kecamatan Tirtamulya.

"Angin puting beliung yang menerjang 13 kecamatan selama Januari hingga pekan pertama Maret itu telah merusak ribuan rumah, dan lebih dari 20 rumah rusak berat," kata Kepala Dinas Sosial Karawang, Banuara Nadeak, kepada ANTARA, di Karawang, Minggu.

Dikatakannya, di daerah-daerah yang terkena angin puting beliung itu tercatat lebih 35.000 jiwa dan lebih dari 10.000 KK.

Rumah penduduk yang diterjang angin puting beliung itu kebanyakan hanya mengalami kerusakan ringan atau hanya genteng saja yang berterbangan. Sedangkan rumah yang rusak berat hingga ambruk akibat diterjang angin puting beliung, hanya sebagian kecil.

"Bagi korban angin puting beliung yang rumahnya rusak atau hanya genteng yang berterbangan, langsung dilakukan perbaikan sehari setelah kejadian angin puting beliung oleh warga sendiri. Sedangkan bagi korban yang rumahnya ambruk, harus menunggu bantuan material dari Bagian Kesra," katanya.

Sedangkan Dinas Sosial Karawang yang merupakan bagian dari satuan pelaksana penanggulangan bencana alam hanya bertugas memberikan bantuan berupa makan-makanan, seperti mie instan, beras, air mineral, dan jenis makanan lainnya.

"Selama kejadian angin puting beliung Januari sampai awal Maret, kami sudah mengeluarkan bantuan sebanyak 15 ton beras, 800 dus mie instan, 70 dus air mineral, dan 750 sarden. Selain itu, kami juga memberikan bantuan lain berupa kecap, saos, gula, biskuit, tikar, dan selimut," kata Banuara.

Menurut dia, berdasarkan catatan Dinas Sosial Karawang, kejadian angin puting beliung pada tahun ini cukup banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang hanya terjadi di beberapa kecamatan. Sedangkan pada 2010 ini, kejadian angin puting beliung terjadi di 13 kecamatan.

"Kalau tahun ini, bencana alam yang terjadi di Karawang kebanyakan angin puting beliung. Sedangkan pada 2009 lalu, kebanyakan daerah dilanda banjir," katanya.

(KR-MAK/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010