Los Angeles (ANTARA News) - Gubernur Arnold Schwarzenegger, Selasa, mendesak warga California yang tak memiliki rekening bank agar menabung guna menjamin kestabilan ekonomi.

"Dalam ekonomi tempat warga California berjuang menafkahi keluarga mereka, saya tergelitik untuk menyoroti keberhasilan program yang dirancang untuk menempatkan orang California di jalur kestabilan finansial," kata Schwarzenegger.

Ia merujuk kepada Bank on California, program yang diluncurkan oleh gubernur tersebut dua lalu guna menyediakan akses bagi warga California ke berbagai sumber.

Program itu telah membuka lebih dari 100.000 rekening setahun lebih cepat daripada perkiraan semula, kata gubernur tersebut.

Bank on California adalah gagasan perdana di seluruh negara bagian itu guna membantu warga California yang tak memiliki rekening bank --penduduk tanpa rekening tabungan atau pemeriksaan-- memulai rekening pembukaan.

Pada tahun pertamanya, 110.064 rekening dibuka, dengan jumlah tabungan lebih dari 80 juta dolar AS uang yang sebelumnya tak dimasukkan ke bank.

"California adalah negara bagian pertama untuk menerapkan program seperti ini, dan kami sudah mencapai sasaran kami, yaitu pembukaan 100.000 rekening pada setengah tahun --dan orang California menabung jutaan dolar AS. Sementara program tersebut terus berkembang, saya mendorong semua warga California yang tak memiliki rekening bank untuk memanfaatkan program ini guna menyimpan uang dan membangun keamanan finansial mereka," katanya.

Jutaan keluarga kekurangan layanan keuangan dasar seperti rekening pemeriksaan --satu dari lima orang tak memilikinya dan hampir separuh rumah tanggal di California tak memiliki rekening tabungan.

Memiliki rekening bank memberi akses kepada layanan keuangan penghematan uang seperti ATM, pembayaran rekening "daring" (dalam jaringan) dan akses lebih baik kepada kredit-- alat yang akan memungkinkan orang California memiliki lebih banyak cek pembayaran mereka, kata Schwarzenegger.

Pada Januari 2008, Schwarzenegger ikut menulis satu potong pendapat di Wall Street Journal bersama mantan presiden Bill Clinton guna menyoroti masalah orang yang tak memiliki rekening bank dan kemudian, pada Desember 2008, secara resmi meluncurkan program pertama di seluruh negara bagian untuk membantu warga California yang tak memiliki rekening bank membuka rekening dan memperoleh akses ke pendidikan keuangan.

Program tersebut dimulai di lima kota besar: San Francisco, Los Angeles, Oakland, Fresno dan San Jose. Sacramento dan Santa Ana bergabung dalam program itu pada 2010.

Gubernur tersebut bermitra dengan beberapa walikota, Federal Deposit Insurance Corporation, lembaga pembuat peraturan negara bagia dan federal, lembaga keuangan dan kelompok masyarakat guna mencapai sasaran program itu, yaitu pembukaan 100.000 rekening dalam dua tahun pada setengah jalan.

Bank of America menawarkan rekening awal di semua cabangnya di California --sehingga menjadikannya program sesungguhnya di seluruh negara bagian. Kemitraan swasta-negara itu mendorong lebih dari 39 lembaga keuangan, 192 organisasi kemasyaratakat dan 1.304 anggota koalisi --semunya bekerja sama untuk membantu warga California.

Program tersebut menekankan pendidikan keuangan dan telah menawarkan lebih dari 244 klas pendidikan keuangan yang melayani lebih dari 2.650 orang.
(C003/B010)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010