Pangkalpinang (ANTARA News) - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2010 memberi peluang untuk formasi atau tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Penerimaan CPNS terbukan peluang untuk formasi SMK, sementara untuk tamatan SLTA belum," kata Kabid Mutasi Badan Kepengawaian Daerah dan Diklat Kota Pangkalpinang, Yudi Suhasri di Pangkalpinang, Rabu.

Hal itu dikemukakannya sehubungan informasi yang didapatkan dari pemerintah pusat bahwa akan dibuka penerimaan CPNS untuk tamatan SMK.

"Tamatan kejuruan memiliki keahlian sehingga dibutuhkan untuk ditempatkan di sejumlah instansi pemerintahan," katanya.

Ia mencontohkan, sejumlah badan dan UPT membutuhkan tenaga yang memiliki tamatan SMK yang memiliki keterampilan khusus.

"Namun kami terus berupaya mengajukan formasi sesuai kebutuhan, termasuk tamatan SLTA karena daerah ini masih membutuhkan banyak PNS," katanya.

Ia menjelaskan, Pangkalpinang masih membutuhkan ribuan PNS untuk ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan terutama kantor lurah dan camat.

"Sebenarnya kami sudah mengajukan formasi sesuai dengan kebutuhan, namun kuotanya tergantung pemerintah pusat," ujarnya.

Seperti kuota CPNS 2009 kata dia diajukan 1.000 lebih namun hanya ratusan orang yang dipenuhi oleh pemerintah pusat.(Ant/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010