Jakarta (ANTARA News) - Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat (Jakbar) masih berusaha memadamkan api yang berkobar di pabrik sandal merk "Swallow" di Jakarta Barat, Kamis malam dan enam orang berhasil diselamatkan .

"Kebakaran masih terjadi. Petugas masih berada di lokasi," kata Petugas Piket Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Barat, Suhardi.

Saat ini telah dikerahkan 21 mobil pemadam kebakaran dari Sudin Pemadam Kebakaran Jakbar di lokasi kejadian di Jalan Kamal Raya No.34, Jakarta Barat.

Suhardi mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang diketahui sejak sore hari tersebut.

Sebelumnya dikabarkan terdapat 15 orang pegawai pabrik sandal tersebut yang terjebak dalam gedung.

Keterangan dari salah seorang petugas pemadam kebakaran, Sujadi, mengatakan pihaknya telah berhasil menyelamatkan sedikitnya enam orang korban dari dalam bangunan pabrik.

"Dua orang terluka dan telah kita bawa ke rumah sakit, sedangkan empat lainnya bisa kita selamatkan," katanya.

Dia mengatakan pihaknya sulit memadamkan kebakaran tersebut karena dalam pabrik tersebut terdapat bahan-bahan kimia yang mudah terbakar.

Selain itu, dalam pabrik Swallow tersebut terdapat bahan-bahan pembuat sandal yang menumpuk banyak sehingga menyulitkan api untuk padam.

"Bahan-bahan di dalam pabrik bertumpuk-tumpuk tinggi dan mudah terbakar, sehingga meski di satu tempat sudah padam, akan tetapi tumpukan bahan di bawahnya masih terbakar, maka akhirnya terbakar kembali," katanya.

Dia tidak dapat memperkirakan sampai berapa lama kebakaran tersebut akan berhasil dipadamkan.

Akan tetapi sesuai semboyan petugas pemadam kebakaran, maka mereka tidak akan pulang sebelum api padam. (N006/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010