Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 12 bakal calon resmi akan bertarung dalam Pemilihan Rektor (Pilres) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, kata Sekretaris Panitia Seleksi Calon Rektor (PSCR) Unair Surabaya, Tjitjik Srie Tjahjandari, Jumat.

"Pendaftaran bakal calon rektor (bacarek) Unair telah ditutup secara resmi pada hari Jumat (12/3) Maret pukul 15.00 WIB," katanya.
 
Hingga detik-detik terakhir, katanya, dari 13 bacarek yang mengambil berkas formulir pendaftaran terdapat satu orang bacarek yang tidak mengembalikan berkas.

"Otomatis dia dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti proses seleksi calon rektor untuk langkah berikutnya.

Calon yang batal adalah Prof. Dr. Sunarjo Hardjowijoto, dr., Sp.B., Sp.U(K) dari Fakultas Kedokteran (FK) Unair," katanya.

Ke-12 bacarek yang ada akan mengikuti proses seleksi berikutnya, yaitu uji verifikasi pada 17-19 Maret 2010.

"Uji verifikasi adalah penilaian terhadap kelengkapan dan kebenaran data serta kesesuaian bacarek dengan persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan dengan cara wawancara tatap muka," katanya.

Ke-12 bacarek adalah Prof. Dr. H. Achmad syahrani, Drs., MS (Fakultas Farmasi/FF); Prof. Dr. Moh. Rubianto, drg.MS, Sp.Perio(K) (Fakultas Kedokteran Gigi/FKG); Prof. Dr. Juliati Hood A, dr., MS., SpPA(K) FIAC (Fakultas Kedokteran/FK).

Selanjutnya; Dr. Moh. Nasih, SE., MT, Ak. (Fakultas Ekonomi/FE); Prof. Dr. H. Fasich, Apt (FF/"incumbent"); Prof. Dr. Soetojo, dr., SpU (FK); dan Prof. Dr. R.A. Chatarina Umbul W, dr.MS, MPH (Fakultas Kesehatan Masyarakat/FKM).

Berikutnya; Drs. Hery Purnobasuki, M.Si., Ph.D (Fakultas Sains dan Teknologi/FST); Prof. Dr. Sukardiman, Apt., M.Sc (FF), Prof. Dr. Muchammad Zaidun, SH, M.Si (Fakultas Hukum); Prof. Dr. Suryanto, Drs., M.Si. (Fakultas Psikologi/ FPsi); dan Prof. Dr. David Sontani Perdanakusuma, dr., SpBP(K) (FK).

"Jadi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi sama-sama menampilkan tiga putra terbaik sebagai bacarek, sedangkan FKG, FE, FH, FPsi, FST, dan FKM masing-masing hanya satu bacarek," katanya.

Beberapa bacarek yang ditanya setelah mengembalikan berkas pendaftaran menyatakan siap bersaing, siap menang, dan siap untuk kalah.

"Saya siap kalah dan siap menang. Kalau toh kalah, yang penting konsep sudah saya sampaikan di forum dan jika dinilai bagus maka bisa diaplikasikan oleh rektor terpilih," kata Prof. Suryanto, Guru Besar Fakultas Psikologi Unair.(Ant/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010