Denpasar (ANTARA News) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, salah satu perguruan tinggi seni di kawasan Indonesia timur, mempunyai komitmen dan tanggung jawab dalam meningkatkan kelestarian seni budaya lokal yang tersebar di berbagai daerah Nusantara.

"Untuk itu kami siap menjalin kerjasama dengan sekolah menengah umum (SMU) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) di kawasan timur Indonesia, khususnya Bali untuk meningkatkan pembinaan seni di sekolah bersangkutan," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S. MA di Denpasar Minggu.

Ia mengatakan, kerjasama dengan SMU/SMK selama ini telah terealisasi dengan SMK Negeri Kubu Bangli, diharapkan menyusul dengan SMU/SMK lainnya di Bali maupun luar Bali.

Kerjasama yang terjalin selama ini merupakan langkah awal yang dapat ditingkatkan di masa mendatang, dengan saling memberikan manfaat yang positif untuk proses belajar mengajar, baik di SMU maupun perguruan tinggi.

ISI Denpasar ke depan merencanakan melakukan ujian-ujian kelas di luar areal kampus, salah satunya di SMK Negeri Kubu Bangli. Selain sosialisai dan promosi kampus, kegiatan itu akan mampu memotivasi para siswa SMU yang memiliki bakat seni untuk meneruskan pendidikannya ke ISI Denpasar.

ISI Denpasar menawarkan banyak beasiswa, jika ingin melanjutkan pendidikan ke lembaga pendidikan tinggi seni. Beasiswa berasal dari berbagai sumber dana, termasuk diantaranya "Bidik Misi", program beasiswa yang khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Prof rai menjelaskan, program beasiswa terbaru selain memberikan SPP gratis, juga menanggung biaya hidup dan pendidikan selama selama semester.

Informasi penting itulah diharapkan bisa sampai kepada seluruh siswa kelas III SMA dan SMK, dengan harapan yang mempunyai bakat seni bisa dilanjutkan jenjang pendidikan ke ISI Denpasar.

Jajaran Dekana Fakultas Seni Pertunjukan juga telah melakukan sosialisasi pendidikan ke SMK Negeri Kubu, Bangli yang akhirnya ditindaklanjuti dengan kerjasama yang saling menguntungkan, harap Prof Rai. (I006/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010