Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia kembali pulang tanpa meraih gelar dari turnamen All England, Minggu, setelah satu-satunya wakil di final, pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir, kalah dari Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Tampil sebagai pertandingan pembuka partai final di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris, Minggu malam WIB, pasangan unggulan kedua itu kalah 18-21, 25-23, 18-21 dari pasangan China bukan unggulan itu.

"Yang pasti mereka kurang beruntung karena bermain sudah maksimal, tetapi lawan memang lebih baik," ujar pelatih ganda Pelatnas Aryono Miranat yang mendampingi pasangan tersebut bertanding.

Kekalahan tersebut memperpanjang penantian Indonesia, untuk kembali meraih gelar dalam turnamen bergengsi yang sudah mencapai penyelenggaraan ke-100 itu, setelah gelar terakhir diperoleh pada 2003 melalui ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto.

Sedangkan pada ganda campuran, terakhir kali Indonesia memenangi All England pada 1979 melalui pasangan Christian Hadinata/Imelda Wiguna.

Dalam pertandingan yang bertempo cepat tersebut, Nova/Liliyana unggul lebih dulu 18-14 pada game pertama. Namun tujuh poin beruntun dari pasangan China itu membalik kedudukan sekaligus menutup game pembuka 21-18.

Game kedua berlangsung ketat terutama setelah Nova/Liliyana memimpin 16-14, dengan kedua pasangan bergantian saling menyamakan kedudukan hingga posisi angka 23-23 sebelum berakhir dengan kemenangan 25-23 untuk Nova/Liliyana.

Tempo permainan menurun pada awal game ketiga, dan itu membuat pasangan juara dunia 2005 dan 2007 itu lebih mudah mengumpulkan angka sehingga memimpin 11-6.

Namun setelah bertukar lapangan, ganda China berusaha kembali bermain cepat dan berhasil menyamakan kedudukan 15-15 untuk kemudian memimpin 19-16.

Pasangan Indonesia hanya memperpendek jarak angka menjadi satu poin sebelum pengembalian Liliyana yang jatuh di luar bidang lapangan lawan menutup pertandingan sekaligus memastikan kemenangan pasangan China 21-18.

(T.F005/R009)

Pewarta: bwahy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010