Sanaa (ANTARA News/AFP) - Angkatan udara Yaman telah melakukan serangan terhadap tempat yang diduga sebuah kamp latihan al-Qaida di Yaman selatan, Senin, satu hari setelah serangan udara di daerah yang sama menewaskan dua gerilyawan senior, kata kementerian pertahanan.

"Angkatan udara telah melakukan serangan terhadap kamp latihan al-Qaida di distrik Moudia" di provinsi Abyan, kata pernyataan singkat dari kementerian itu.

Kementerian itu tidak mengatakan apakah ada orang yang tewas atau terluka dalam serangan tersebut.

Berita laman Internet 26sep.net sebelumnya melaporkan bahwa serangan udara Ahad malam terhadap "sel teroris" di daerah Moudia menewaskan dua anggota senior al-Qaida.

"Pasukan udara kami telah melakukan serangan terhadap elemen-elemen teroris yang merencanakan serangan atas instalasi vital (dan) dua pemimpin al-Qaida telah tewas," kata sebuah pernyataan di laman Internet kementerian pertahanan.

Situs itu tidak menyebutkan secara khusus instalasi apa yang akan diserang.

Yaman telah meningkatkan operasi terhadap cabang al-Qaida di Yaman, yang menyatakan bertanggungjawab atas upaya akhir Desember yang gagal untuk meledakkan sebuah pesawat AS.

Awal bulan ini, seorang pejabat keamanan mengatakan 11 pria telah ditangkap di ibukota Sanaa karena dicurigai merencanakan serangan untuk al-Qaida.

Pada Februari, pasukan keamanan menangkap tiga orang yang diduga anggota al-Qaida dan menewaskan tujuh dari para pemimpinnya, termasuk komandan penting kelompok itu di Yaman, Qaseem al-Rimi, dan Abdullah Mehdar, seorang pemimpin al-Qaida di provinsi Shabwa, menurut beberapa pejabat dan situs Internet kementerian pertahanan.

AS menurut laporan telah memasok Yaman dengan data intelijen dan bantuan lainnya dalam operasinya terhadap al-Qaida.

Namun Presiden AS Barack Obama menyatakan ia tidak memiliki maksud untuk mengirim tentara ke Yaman.(*)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010