Washington (ANTARA News/AFP) - China kembali memangkas kepemilikan obligasi Treasury AS (obligasi negara AS) ke tingkat terendah dalam delapan bulan, Departemen Keuangan AS mengatakan Senin, di tengah meningkatnya ketegangan atas klaim Beijing bahwa undervalue mata uangnya untuk keuntungan perdagangan.

China mengurangi kepemilikan obligasi AS menjadi 889,0 miliar dolar pada akhir Januari dari 894,8 miliar dolar bulan sebelumnya, angka-angka terbaru Departemen Keuangan tentang aliran modal internasional menunjukkan.

Tingkat Januari adalah terendah sejak Juni tahun lalu ketika China menguasai 915,8 miliar dolar obligasi AS.

Walaupun ini penurunan bulanan berturut-turut ketiga, China tetap pemilik surat utang pemerintah AS teratas.

Jepang berada jauh di belakang pada tempat nomor dua dengan 765,4 miliar dolar obligasi AS, sedikit berubah dari angka Desember 765,7 miliar dolar, data menunjukkan.

Berita penurunan kepemilikan Treasury China datang menyusul Perdana Menteri China Wen Jiabao yang menyalahkan Amerika Serikat pada Minggu atas ketegangan baru dalam hubungan Sino-AS,

mengatakan Washington harus mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan dan tidak mengindikasikan tidak menghentikan diplomatik mereka.

Wen menuduh Washington melanggar kedaulatan China ketika menyetujui penjualan miliaran dolar senjata kepada Taiwan pada Januari, dan lagi ketika Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Dalai Lama di Gedung Putih bulan lalu.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk atas serangkaian isu-isu lain layaknua ancaman Google untuk meninggalkan China atas cyberattacks dan web sensor, sengketa perdagangan, dan nilai yuan China.

Wen mengatakan Beijing akan menolak tekanan asing untuk penguatan mata uang China, tiga hari setelah Obama menyerukan Beijing untuk mengadopsi kebijakan "berorientasi pasar" pada yuan yang telah secara efektif dipatok terhadap dolar sejak pertengahan 2008.

"Para pelaku pasar menurunkan ekspektasi mereka pada apresiasai renminbi (yuan) setelah komentar Wen, sementara pengembangan juga muncul untuk menggoncang pasar mata uang regional," kata Nick Bennenbroek, kepala strategi mata uang di Wells Fargo Bank.

Spekulasi memuncak bahwa Departemen Keuangan AS akan segera melabel China sebagai "manipulator" mata uang di laporan tengah tahunan pada April, di tengah upaya Beijing mempertahankan tekanan pada mata uangnya untuk membuat ekspor lebih kompetitif.

"Kebijakan China mempertahankan mata uang, renminbi, undervalued telah menjadi hambatan yang signifikan pada pemulihan ekonomi global. Sesuatu harus dilakukan," kata pemenang Hadiah Nobel ekonom AS Paul Krugman.

Dia berpendapat dalam sebuah komentar akhir pekan di The New York Times bahwa AS sedikit takut jika China membalas dengan dumping obligasi AS meskipun langkah itu dapat menyebabkan penyusutan tajam dalam dolar terhadap mata uang utama lainnya, seperti euro.

Krugman mengatakan penurunan dolar akan membuat barang-barang AS lebih kompetitif dan mengurangi defisit perdagangan, tetapi di sisi lain, "itu akan menjadi buruk bagi China, yang akan menderita kerugian besar pada kepemilikan dolar."

China memiliki cadangan terbesar di dunia, pada 2,4 triliun dolar, yang beberapa ekonom mengatakan itu dikumpulkan dengan menjual yuan dan membeli greenback dalam upaya untuk menjaga ekspor buatannya kompetitif.

Departemen Keuangan menciptakan kegemparan bulan lalu ketika mengumumkan China telah memangkas kepemilikan obligasi AS menjadi 755,4 miliar dolar pada Desember -- penurunan terbesar sejak Agustus 2000, yang memungkinkan Jepang untuk menjadi pemegang terbesar surat utang pemerintah Amerika.

Tetapi dua hari kemudian, departemen merevisi tajam data yang menunjukkan bahwa sementara China telah mengurangi kembali kepemilikan obligasi, tingkat yang masih baik di atas Jepang.

Revisi datang ketika departemen memandang kepemilikan China dalam obligasi Treasury AS yang dipegangnya di pasar ketiga seperti Inggris dan Hong Kong, tidak meningkat pada perkiraan sebelumnya.
(Uu.A026/A027/P003)

Pewarta: priya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010