London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa ditutup pada wilayah positif Rabu, didorong oleh tingginya kepuasan investor atas keputusan Federal Reserve AS untuk mempertahankan suku bunga super rendah untuk masa mendatang.

"Saham yang telah menarik dukungan kecil, karena keuangan (karena Yunani menderita dari krisis utang), membuat keuntungan jelas," kata analis Xavier de Villepion dari Global Equities.

Di London, indeks FTSE 100 menambahkan 0,43 persen menjadi mencapai 5.644,63 poin sementara di Paris indeks CAC 40 naik 0,48 persen menjadi ditutup pada 3.957,89. Di Frankfurt, indeks Dax 30 naik 0,89 persen menjadi berakhir di 6.024,28 poin.

Di tempat lain Eropa ada kenaikan 1,25 persen di Milan, 0,26 persen di Swiss Market Index, 1,29 persen di Brussels, 0,97 persen di Madrid dan 1,12 persen di Amsterdam.

Bursa AS maju lebih jauh ke hijau pada awal perdagangan Rabu.

Dow Jones Industrial Average naik 0,36 persen menjadi 10.724,60 pada pertengahan hari, sementara indeks komposit Nasdaq meningkat 0,59 persen menjadi 2.392,10 poin.

"Penurunan harga di tingkat grosir membantu memberikan dukungan janji Fed kemarin untuk mempertahankan lingkungan tingkat bunga rendah," analis Charles Schwab & Company mengatakan dalam sebuah catatan klien.

Harga produsen AS menurun tajam pada Februari, menggertak kenaikan empat bulan, didukung merosotnya harga energi yang terkait barang, kata Departemen Tenaga Kerja.

"Secara keseluruhan, hal ini dapat dianggap sebagai laporan inflasi yang menyenangkan jelang Indeks Harga Konsumen pada Kamis," para analis Briefing.com mengatakan kepada klien.

Pasar menyambut janji Fed pada Selasa untuk mempertahankan tingkat suku bunga "sangat rendah" untuk "periode panjang" di tengah inflasi sedikit jinak dan pengangguran yang tinggi dalam pemulihan rapuh dari resesi parah yang dimulai pada Desember 2007.

Bank-bank mendapat dukungan baik dalam perdagangan Eropa. Credit Agricole naik 1,13 persen, Societe Generale naik 2,16 persen dan BNP-Paribas naik 0,42 persen.

Juga di Paris, kelompok industri yang tergantung pada perkembangan makroekonomi berada dalam permintaan. Raksasa baja ArcelorMittal ditambahkan 2,65 persen sementara grup semen Lafarge naik 3,03 persen.

Bank-bank di Frankfurt juga di antara gainers besar, dengan Deutsche Bank menambahkan 1,76 persen dan Commerzbank 2,58 persen.

Industri raksasa Nokia melonjak 3,2 persen di tengah laporan rencana untuk memangkas tenaga kerjanya lebih dari 1.000 pos dalam unit jasa informasi.

Mobil BMW kehilangan 0,87 persen setelah meramalkan bahwa kuartal pertama tahun ini akan relatif lunak.

Sebelumnya, pasar Asia memacu lebih tinggi setelah Bank of Japan menahan suku bunga dan menaikkan jumlah uang tunai yang tersedia bagi bank.

Saham Tokyo melompat 1,17 persen dan Hong Kong rally 1,72 persen.

BoJ memutuskan untuk memperpanjang langkah-langkah darurat yang diluncurkan tahun lalu untuk meningkatkan ekonomi dengan menggandakan pinjaman jangka pendek yang tersedia bagi bank sampai 20 triliun yen (220 miliar dolar).

Bank sentral Jepang juga mempertahankan suku bunga acuan tak berubah pada 0,1 persen dalam upaya memerangi deflasi dan lemahnya permintaan di ekonominomor dua dunia itu. (A026/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010