Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan acara pidatonya di kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, yang sebelumnya diagendakan dalam kunjungannya ke Indonesia akhir bulan ini.

"Obama tidak pidato di UI, tapi beliau akan berpidato di Kemayoran," kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri di kantor Wakil Presiden, Kamis.

Gumilar mengatakan pembatalan itu kemungkinan besar karena lokasi UI terlalu jauh, maka dipilih Kemayoran yang lebih luas dan mudah dijangkau.

Tentang tema yang akan disampaikan Obama, ia mengaku belum mengetahui secara pasti. "Tentu akan diserahkan kepada beliau, dan kita tidak menggariskan tema apa-apa," ujarnya.

Dalam pidatonya di Kemayoran, UI tetap dilibatkan bersama Lembaga Ketahanan Nasional dan Kedutaan Besar AS di Indonesia.

"Memang UI ditunjuk menjadi salah satu penyelenggara bersama dengan Lembahas dan Kedutaan Besar AS," ungkap Gumilar.

Ia berharap kegiatan Obama tersbeut dapat memberikan dampak positif untuk mempromosikan Indonesia.

"Saya kira bangsa dan negara Indonesia dan memperkuat persahabatan antara Indonesia dan AS, termasuk di dalamnya lebih memperdalam saling memahami, saling menghormati, sehingga ada hal yang produktif yang dihasilkan untuk membangun peradaban yang lebih damai, maju, lebih harmonis dan tentu lebih berkelanjutan," katanya.

(T.R018/S026)

Pewarta: ferly
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010