Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan laju inflasi Maret akan lebih rendah dibandingkan inflasi Februari yang mencapai 0,30 persen.

"Kalau beberapa komoditas menunjukkan penurunan seperti harga beras. Kita mengharapkan Maret ini, untuk month on month saja bisa sangat rendah," ungkap Sri Mulyani saat ditemui usai Rapat Koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat.

Menkeu bahkan memperkirakan, apabila harga komoditas terus mengalami penurunan, akan adanya kemungkinan deflasi.

Namun, Ia menyatakan untuk tren inflasi yoy (year on year) pada 2010 trennya akan cenderung naik karena ada kemungkinan harga komoditas naik dibandingkan tahun lalu.

"Harga beras `yoy` masih lebih tinggi dibanding Maret tahun lalu, karena kenaikan Januari-Febuari kemarin. Artinya di atas 2,78 persen kemarin," jelasnya.

Menurut dia, pemerintah tetap akan menjaga inflasi sesuai asumsi makro dalam RAPBN sebesar 5,7 persen pada 2010 dengan menjaga nilai tukar dan mempertahankan kebijakan moneter.

Menurut data BPS, inflasi hingga Januari-Februari 2010 mencapai 1,14 persen, sementara inflasi yoy pada Februari 2010 adalah sebesar 3,81 persen.

Sebelumnya, Inflasi pada Januari mencapai 0,84 persen dan Februari mencapai 0,30 persen.
(S034/B010)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010