Medan (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan Taufiq Kiemas, Sabtu, memastikan bahwa posisi ketua umum PDI Perjuangan tetap dipegang Megawati Soekarnoputri.

"Kongres ini sebenarnya sudah selesai dan Ketua Umum pasti Ibu Mega karena memang aspirasi seluruh daerah ke sana. Sementara untuk kekuatan utama penggerak partai harus anak muda. Kepentingan semua parpol sekarang, adalah regenerasi," ujar Ketua MPR itu kepada pers, Sabtu.

Namun Taufik menjamin hasil kongres partainya di Bali awal April nanti akan mengakomodasi kaum muda untuk memimpin partai itu.

"Saya jamin 70 persen yang tampil (di kepengurusan PDIP mendatanag) anak muda," kata Taufiq.

Menurutnya, tidak ada lagi pilihan lain bagi PDIP untuk segera meregenerasi guna menjamin keberlanjutan partai itu, di samping situasi dan kondisi sekarang menuntutnya demikian.

Taufik menegaskan, masa tugas kaum tua sudah selesai dan kepengurusan sekarang adalah yang terakhir untuk tokoh-tokoh tua itu menjalankan roda kepartaian PDIP, kecuali untuk Megawati.

Taufiq menyatakan para tokoh muda yang akan memimpin PDIP mendatang sepenuhnya ditentukan oleh kongres.

Mengenai pilihan anak biologis dan anak ideologis Soekarno yang nanti dimunculkan, Taufiq mengatakan pilihan bisa kedua, jika syaratnya memenuhi.

"Tapi kalau biologis tidak memadai, tentu yang akan dipilih adalah anak ideologis," katanya. (*)

D011/AR09

Pewarta: ricka
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010