London (ANTARA News/Reuters) - Arsenal naik ke puncak klasemen Liga Utama Inggris ketika mereka mengalahkan West Ham United 2-0 melalui gol Denilson dan Cesc Fabregas pada Sabtu kendati memainkan lebih dari separuh pertandingan di Stadion Emirates itu dengan 10 pemain.

Arsenal, yang mengumpulkan 67 poin dengan tujuh pertandingan yang belum dimainkan, untuk pertama kali memimpin klasemen sementara sejak Januari dan terus menekan Manchester United dan Chelsea, yang akan memainkan pertandingan akhir pekan mereka pada Minggu.

United, yang akan menjamu Liverpool di Old Trafford, mengumpulkan 66 poin dari 30 pertandingan, diikuti Chelsea --yang menghimpun 64 poin dari 29 pertandingan dan dijadwalkan bertandang ke Blackburn Rovers. Jika United atau Chelsea meraih tiga poin maka mereka akan kembali berada di atas Arsenal.

Tottenham Hotspur melanjutkan usaha mereka untuk menempati posisi keempat dan mungkin meraih tempat dalam Liga Champions ketika mereka menang dalam pertandingan keempat berturut-turut dalam liga dengan kemenangan 2-1 di kandang Stoke City dan mengumpulkan 55 poin dari 30 pertandingan.

Mereka diikuti Liverpool (51 poin), Manchester City (50) dan Aston Villa (50), yang ditahan imbang 2-2 oleh Wolverhampton Wanderers dalam pertandingan Sabtu.

Yang Pertama


Arsenal, yang terakhir kali kalah dalam liga oleh Chelsea pada 7 Februari, memimpin lebih dulu melalui gol dari pemain asal Brazil Denilson saat pertandingan baru berlangsung lima menit.

Mereka memastikan kemenangan ketika Cesc Fabregas, yang baru pulih dari cedera, mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-82 untuk menghasilkan golnya yang ke-15 dalam liga musim ini, setelah Matthew Upson melakukan pelanggaran.

Akan tetapi, tim tuan rumah harus memainkan seluruh babak kedua dengan 10 pemain setelah diusirnya bek tengah Thomas Vermaelen pada menit ke-44. Ia menjadi pemain Arsenal pertama yang dikeluarkan dari lapangan pada musim ini.

Namun keputusan tersebut sesuatu yang kejam karena penyerang West Ham asal Meksiko Guillermo Franco dengan mudah jatuh dalam tantangan pemain nasional Belgia itu di kotak penalti.

Tendangan penalti Alessandro Diamanti kemudian dapat diselamatkan Manuel Almunia, meskipun penjaga gawang itu lolos dari kecaman hakim garis setelah dengan jelas keluar garis golnya sebelum melakukan tendangan.

Kekalahan tersebut, kekalahan keempat West Ham dalam liga secara beruntun, membuat mereka bertengger di urutan 17, hanya tiga poin di atas zona degradasi.

Fabregas mengatakan kepada ESPN ia menyayangkan Vermaelen akan dilarang main, tetapi ia menambahkan, "Kami tidak ingin mencari alasan, kami ingin meraih gelar dan membuktikan kami bisa melakukannya".

Manajer West Ham Gianfranco Zola mengatakan, "Pada babak pertama kami memainkan yang terbaik sepanjang musim ini dan pantas mendapat hasil lebih tetapi pada babak kedua, meskipun jumlah pemain kami lebih banyak kami agak kurang disiplin."

"Saya kecewa karena ini adalah kesempatan besar bagi kami."

Spurs Maju

Sebelumnya, pesaing Arsenal dari London utara Spurs semakin mendekati kemungkinan merain satu tempat di Liga Champions setelah sukses di kandang Stoke.

Gol dari pemain cadangan Eidur Gudjohnsen dan Niko Kranjcar

memberi kemenangan saat melawan tim tuan rumah yang jumlah pemainnnya berkurang menjadi 10 pemain pada awal babak kedua karena Dean Whitehead dikeluarkan dari lapangan.

Gudjohnsen menggantikan penyerang asal Rusia Roman Pavlyuchenko, yang cedera setelah menit ke-36 dan mencetak gol pertamanya bagi Tottenham 10 menit kemudian, ketika ia melesakkan bola ke bagian atas jaring.

Meskipun Whitehead menjadi pemain keempat Stoke yang diusir dari lapangan dalam enam pertandingan terakhir mereka pada liga, mereka menyamakan kedudukan ketika pemain sayap Matthew Etherington menyarangkan bola ke gawang klub lamanya melalui tendangan penalti pada menit ke-64, sebelum Kranjcar mencetak gol kemenangan 13 menit menjelang pertandingan selesai.

(Uu.SYS/F005/C003/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010