Jakarta (ANTARA News) - Lima intelektual publik meraih beasiswa Asian Public Intelectuals (API) untuk menjalankan sejumlah program bersama di Asia dari The Nippon Foundations.

Direktur API Fellowships Program Indonesia, Dr Taufik Abdullah dalam workshop "Orientation Day and Country" yang merupakan hasil kerja sama dengan LIPI di Jakarta, Selasa, mengatakan, tujuan program ini adalah untuk menumbuhkan komunitas publik intelektual di kawasan Asia.

"Program ini juga untuk mempromosikan pembelajaran bersama di antara intelektual publik Asia dan untuk membantu pertumbuhan suatu ruang publik agar efektif dan sanggup merespon berbagai kebutuhan regional," katanya.

Para penerima beasiswa dari Indonesia itu yakni Dianto Bachriadi, Peneliti Agrarian Research Center (ARC) Bandung dan Sri Wahyuni, Direktur Aceh Cultural Institute (ACI) untuk kategori pertama .

Sedangkan kategori kedua, penerima beasiswa adalah Resmi Setia Milawati, Peneliti Akatiga Fondation, Bandung, Hikmat Darmawan, Editor Paramadina Foundation and Mixan Group Jakarta. serta M Ichsan Harja Nugraha, arsitek dan desainer grafis di Bandung.

Kategori pertama adalah Beasiswa Senior API yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki rekam jejak terukur sebagai seorang intelektual publik di mana usianya sudah di atas 40 tahun.

"Proyek mereka dapat dilaksanakan minimal satu bulan hingga maksimal 12 bulan dan mampu mengunjungi sampai empat negara peserta program API," kata Taufik.

Ada lima negara peserta program beasiswa API yaitu Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Sedangkan kategori kedua, diperuntukkan bagi intelektual muda di bawah usia 40 tahun, di mana mereka harus melaksanakan proyek yang diajukan kepadanya minimal empat bulan hingga maksimal 12 bulan dan dapat mengunjungi 1-2 negara peserta program API.

Taufik mengatakan, penerima beasiswa program API diseleksi berdasaran pada proyek-proyek yang berkaitan dengan isu-isu kritis di kawasan Asia dengan pendekatan multidisipliner yang kreatif dan ada nuansa advokasi di dalamnya.

Peraih beasiswa API, ditambahkan Koordinator Program API Fellowships Program Indonesia Dr John Haba, bisa dari berbagai kalangan seperti akademisi, aktivis LSM, pekerja sosial, profesional media, artis, penulis, pegawai pemerintahan, dan lain-lain yang berkomitmen pada tujuan API.

Pada workshop tersebut, berbicara Chief Manager International Program Department The Nippon Foundation, Michiko Taki dan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Prof Dr Jan Sopaheluwakan.(D009/A024)



Pewarta: bwahy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010