Jakarta (ANTARA News) - Kandidat ketua umum Partai Demokrat sudah mulai bermunculan, meskipun kongres partai baru akan diselenggarakan di Bandung Mei mendatang.

Ketua Partai Demkorat Djafar Hafsah di Jakarta Selasa mengatakan, sampai sekarang sudah ada tiga nama yang disebut-sebut akan tampil memperebutkan kursi ketua umum, yakni Marzuki Alie, Andi Mallarangeng, dan Anas Urbaningrum.

"Tiga nama tersebut yang tampaknya akan berkompetisi ketat pada kongres Partai Demokrat Mei mendatang," kata Djafar Hafsah usai diskusi "Konsolidasi Koalisi Pasca Panitia Angket Century" di Jakarta, Selasa.

Marzuki Alie adalah mantan Sekjen Partai Demokrat yang sekarang menduduki jabatan Ketua DPR RI, Andi Mallarangen adalah Ketua Partai Demokrat dan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, serta Anas Urbaningrum adalah Ketua Partai Demokrat dan Ketua Fraksi Demokrat DPR RI.

Dikatakan Djafar, ketiga tokoh tersebut diperkirakan akan saling memperebutkan suara peserta kongres Partai Demokrat.

Dalam AD/ART Partai Demokrat, katanya, tidak ada pembatasan jumlah kandidat ketua umum asalkan memenuhi persyaratan.

Ketika ditanya apakah dirinya juga akan tampil sebagai kandidat ketua umum, Djafar mengatakan, siap tampil jika mendapat amanah dari pengurus daerah, pengurus cabang, dan kader Partai Demokrat.

"Sebagai kader Partai Demokrat saya siap melaksanakan amanah kader partai," kata mantan Dirjen di Departemen Pertanian ini.

Menurut dia, kendati ada dinamika dalam tubuh partai, namun setiap kandidat mendapatkan perlakuan yang sama menghadapi kongres bulan depan.

Djafar menambahkan, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bersikap netral dan mempersialakan kader terbaik untuk tampil memimpin Partai Demokrat lima tahun ke depan.

Menurut dia, meskipun sudah ada nama yang disebut-sebut dalam bursa kandidat tapi belum ada yang mendeklarasikan diri karena kriteria kandidat baru akan dibahas dan diputuskan pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) Partai Demokrat di Jakarta, 27-28 Maret mendatang.

"Dalam rakornas tersebut juga akan dibahas persiapan pelaksnaan kongres termasuk draft tata tertib dan agenda yang akan dibahas di kongres," katanya.

Rakornas tersebut akan dihadiri sekitar 750 orang pengurs Partai Demokrat mulai dari tingkat pusat, tingkat daerah, hingga tingkat cabang dari seluruh Indonesia.

(T.R024/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010