Jakarta (ANTARA News) - Ketua Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, Polri telah membentuk tim khusus untuk mengusut dugaan adanya mafia hukum di kepolisian.

Kuntoro yang juga merupakan Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum mengatakan hal itu usai bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri di Jakarta, Rabu.

Kuntoro mengatakan, tim khusus yang bersifat independen itu berasal dari unsur kepolisian, Komisi Kepolisian Nasional dan unsur masyarakat.

"Kapolri membentuk tim khusus ini agar penanganan kasus berjalan dengan baik, cepat dan tuntas," katanya.

Menurut dia, Satgas menyambut baik upaya Kapolri untuk membantu tim khusus yang bersifat independen.

Ia berharap tim khusus Polri itu bisa sejalan dengan tim lain yang juga mengusut kasus yang sama yakni tim dari Kejaksaan Agung.

Dengan melibatkan tim dari Kejaksaan Agung, Polri dan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Kuntoro yakin persoalan adanya makelar kasus di kepolisian dapat selesai dengan baik dan tuntas.

Satgas, katanya, juga terus menggali data dari pihak lain dari sumber-sumber lain.

Dugaan adanya makelar kasus di kepolisian mencuat setelah mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji menyebutkan bahwa ada permainan penyidikan rekening mencurigakan Rp25 miliar milik staf Ditjen Pajak, Gayus Tambunan .

Susno juga menyebut adanya dua jenderal dan dua penyidik lain menerima aliran dana dalam kasus penyidikan itu.

Mantan Kabareskrim ini juga menyebut ada makelar kasus yang diduga berkantor di dekat ruang kerja Kapolri.

Susno juga telah memberikan keterangan soal masalah itu ke Satgas sehingga Satgas melakukan klarifikasi masalah itu ke Kapolri.

Satgas juga datang ke Kejaksaan Agung karena kasus itu diduga juga melibatkan jaksa yang menangani perkara itu.

Sekretaris Satgas, Denny Indrayana mengatakan, pihaknya akan segera bertemu dengan tim penyidik untuk mendengar keterangan soal proses penyidikan.

"Kita akan mengatur waktunya, kapan akan bertemu dengan penyidik. Hari ini sebenarnya mau bertemu penyidik tapi Pak Kuntoro ada acara lain," kata Denny usai bertemu dengan Kapolri.(S027/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010