Palembang (ANTARA News) - Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Rahmad Darmawan menyatakan skuadnya siap menghentikan tim asal Vietnam Becamex Binh DuOng yang bertandang ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu sore, untuk melakoni pertandingan fase grup Asian Football Confedertaion (AFC) Cup.

"Tim kami telah siap, meskipun masa persiapan kami demikian singkat," kata Rahmad di Palembang, Rabu.

Meski timnya kelelahan karena baru saja melewati laga terakhir menjamu Arema Malang tiga hari lalu di Indonesia Liga Super, Rahmad optimistis timnya dapat melibas Binh Duong karena sedang berada di puncak performa.

"Laskar Wong Kito" mencatat tiga kemenangan beruntun di kandang ketika melawan Persema Malang (Liga Super), Selangor FA (AFC), dan Arema Malang (Liga Super).

"Saya akui, saat ini tim kami sedang berada di top performa. Tapi, bagi seorang pelatih, ini adalah masa paling sulit, karena tidak mudah untuk menjaga konsistensi di tengah padat jadwal dan jarak tempat pertandingan yang relatif cukup jauh," ujar mantan pelatih Persija dan Persipura ini.

Rahmad menyatakan memiliki jurus jitu dalam menghadapi jadwal padat itu dengan merotasi pemain, namun ini tetap mengedepankan semangat tim.

"Dalam setiap laga, setidaknya ada empat hingga lima orang pemain yang saya selalu rotasi. Jika tidak demikian, maka kita akan sulit sendiri saat dihadapkan situasi kelelahan," kata pelatih asal Metro, Lampung ini pula.

Menghadapi Becamex yang notabene semifinalis AFC Cup 2009, Rahmad telah memerintahkan skuad besutannya untuk waspada, mengingat tim ini diperkuat striker asal Brazil dan tiga pemain asing berkualitas.

"Tim ini meskipun berasal dari Vietnam, tapi mereka bercirikan seperti tim-tim asal China. Jadi bukan perkara mudah untuk mengalahkannya," ujar dia lagi.

Senada dengan Rahmad, kapten tim Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs, menilai Becamex bukan tim kacangan yang dapat dipandang sebelah mata.

"Saya berharap seluruh pemain dapat tampil maksimal dan mengeluarkan seluruh kemampuan, karena laga ini sangat penting untuk mengamankan posisi di klasemen sementara grup," ujar dia.

Sriwijaya FC meraup hasil positif sepanjang berlaga di fase grup yang dihuni oleh empat kontestan dan kokoh di puncak grup hasil satu kali seri dan satu kali kalah, sedangkan Becamex persis di bawah SFC dan hanya kalah dalam selisih gol.

"Yang jelas Becamex adalah kompetitor utama kami di fase grup. Saat ini kami membidik menjadi juara grup supaya bisa mulus pada babak berikutnya," kata Kayamba. (*)

U005*B014/B014/AR09

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010