Los Angeles (ANTARA News) - Jaksa Agung California meminta pengadilan melarang Conrad Murray, mantan dokter Michael Jackson(JAcko) praktek selama menghadapi tuntutan terkait dengan kematian bintang pop itu.

Jaksa Agung Jerry Brown mengajukan permohonan ke pengadilan tinggi atas nama dewan kedokteran California.

Permohonan itu berisi permintaan agar pengadilan mencabut ijin praktik Murray sebagai syarat penundaan penahanan. Murray menghadapi tuntutan pembunuhan secara tidak sengaja.

Murray merawat Jackson (50) sebelum kematiannya yang mendadak 25 Juni lalu. Murray mengaku kepada penyelidik bahwa dia memberi penyanyi itu obat propofol untuk membantunya tidur. Jenis anestesi seperti itu biasanya diberikan pada pasien yang akan menjalani operasi.

"Terdakwa diduga keras memberi propofol dosis tinggi yang mematikan serta obat lainnya kepada pasien berinisial M.J yang mengakibatkan kematian pasien," kata Brown dalam permohonan pengadilan yang setebal 12 halaman. Sebagaimana dikutip dari Reuters.

Brown mengatakan bahwa keputusan buruk dari Murray dan langkahnya yang membahayakan nyawa pasien menjadikan Dewan mengambil langkah-langkah untuk melindungi publik dari kemungkinan bahaya.

Murray seorang ahli jantung yang dipekerjakan Mei lalu untuk merawat Jacko yang ingin melakukan serangkaian konser. Murray mengaku tidak bersalah. Dia dibebaskan dengan jaminan 75.000 dolar AS dan menghadapi tuntutan empat tahun penjara bila dinyatakan bersalah.

Murray menjadi fokus penyelidikan polisi sejak koroner memutuskan kematian Jacko adalah pembunuhan yang disebabkan oleh propofol dan penenang lorazepam.

Tes racun sesudah otopsi juga menemukan obat penghilang rasa sakit, penenang dan perangsang di tubuh Jacko.

Murray dan tim pembelanya bersikeras dia tidak melakukan kesalahan dan dia mengatakan bahwa dia bukan dokter pertama yang memberi propofol untuk membantu Jackson tidur.

Bulan lalu, hakim menolak permintaan jaksa Los Angeles untuk menangguhkan ijin praktik Murray. Tetapi, hakim tersebut melarang Murray menggunakan anestesi pada pasiennya.

Brown adalah mantan gubernur California yang tanggal 2 Maret mengumumkan dia mencalonkan diri sebagai gubernur. Dia berkampanye menentang dokter-dokter yang memberi obat beresep terlalu banyak.

Diantara kasus yang diselidikinya adalah kematian playmate Playboy Anna Nicole Smith (39), pada Februari 2007. Dia meninggal akibat overdosis obat beresep.

Pasangan Smith, Howard Stern dan dua dokter telah diperintahkan untuk menghadapi pengadilan sehubungan kasus yang diajukan oleh jaksa Los Angeles itu.

Brown mengatakan pihaknya juga menyelidiki kematian aktor Corey Haim (38) tanggal 12 Maret, yang tampaknya akibat overdosis obat resep dokter. (ENY/A038)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010